Identifikasi kesulitan siswa SMA kelas XI MIA pada materi hidrokarbon dan minyak bumi menggunakan tes diagnostik pilihan ganda beralasan / Siti Masita

Masita, Siti (2019) Identifikasi kesulitan siswa SMA kelas XI MIA pada materi hidrokarbon dan minyak bumi menggunakan tes diagnostik pilihan ganda beralasan / Siti Masita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Masita, S. 2019. Identifikasi Kesulitan Siswa SMA Kelas XI MIA Pada Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi Menggunakan Tes Diagnostik Pilhan Ganda Beralasan. Skripsi. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Parlan, M.Si., (2) Drs. Muhammad Su'aidy, M.Pd. Kata Kunci: identifikasi kesulitan, tes diagnostik two tier, hidrokarbon, minyak bumi Materi kimia terdiri dari tiga hal yaitu materi yang bersifat makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Materi makroskopik adalah materi kimia yang membahas konsep yang bersifat kongkret, submikroskopik adalah materi yang membahas konsep-konsep abstrak, dan simbolik adalah materi kimia yang berupa rumus kimia, persamaan reaksi, dan gambar. Salah satu materi kimia yang memiliki ketiga representasi tersebut adalah materi hidrokarbon dan minyak bumi. Untuk memahami materi yang memiliki karakteriktik seperti itu, siswa dituntut untuk berfikir abstrak. Tuntutan berfikir abstrak untuk dapat menguasai materi tersebut menyebabkan banyak siswa yang mengalami kesulitan. Konsep hidrokarbon dan minyak bumi adalah konsep dasar untuk membangun konsep-konsep selanjutnya yaitu turunan alkana, benzena dan turunannya, serta makromolekul. Kesulitan pada materi ini akan berdampak pada pemahaman materi-materi yang selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam setiap sub bahan kajian pada materi hidrokarbon dan minyak bumi, dan persentase siswa yang mengalami kesulitan siswa pada materi hidrokarbon dan minyak bumi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur tingkat kesulitan siswa berupa tes diagnostik pilihan ganda beralasan (two tier). Berdasarkan hasil analisis soal uji coba menggunakan SPSS 19.0 for window didapatkan reliabilitas soal sebesar 0,843 yang berarti nilai tersebut lebih besar dari rtabel sehingga instrumen yang dibuat reliabel. Selain itu, berdasarkan hasil validasi instrumen dinyatakan layak digunakan untuk mengambil data penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMAN 1 Ngantang sebanyak dua kelas yaitu MIA 1 dan MIA 2. Analisis data dilakukan dengan cara menghitung persentase siswa yang menjawab salah pada setiap butir soal. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan pada materi hidrokarbon dan minyak bumi. Dari sebelas sub bahan kajian di dalam materi hidrokarbon dan minyak bumi dihasilkan rata-rata sebesar 77,5%. Rincian yang didapatkan dari hasil rata-rata persentase siswa yang menjawab salah pada konsep perbedaan senyawa organik dan anorganik sebesar 97,4%, identifikasi unsur dalam senyawa karbon 76,5%, kekhasan atom karbon 72,7%, penggolongan senyawa hidrokarbon 57,3%, tata nama senyawa hidrokarbon 85,5%, isomerisasi 84,4%, sifat fisika senyawa hidrokarbon 91,4%, reaksi kimia senyawa hidrokarbon 83,9%, proses pembentukan minyak bumi 82,1%, pengolahan minyak bumi 71,9%, dan pembakaran minyak bumi 67,6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76883

Actions (login required)

View Item View Item