Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri yang dilengkapi augmented rality pada materi sel volta / Ernanda Cholila

Cholila, Ernanda (2019) Pengembangan bahan ajar berbasis inkuiri yang dilengkapi augmented rality pada materi sel volta / Ernanda Cholila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Cholila, Ernanda. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri yang Dilengkapi Augmented Reality pada Materi Sel Volta. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Munzil, S.Pd., M.Si., (II) Herunata, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : sel volta, inkuiri, augmented reality Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan peserta didik dalam mempelajari ilmu kimia karena ilmu kimia bersifat abstrak. Hal ini dapat diatasi dengan penggunaan bahan ajar berbasis inkuiri yang dikombinasikan dengan teknologi augmented reality yang dapat memunculkan objek 3D sehingga dapat membantu peserta didik dalam mempelajari materi sel volta. Bahan ajar tersebut sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 yang menuntut peserta didik untuk menemukan pengetahuan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar inkuiri yang dilengkapi augmented reality pada materi sel volta. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan William W. Lee & Diana L. Owens yang terdiri atas lima tahapan: (1) tahap penilaian/analisis (asessment/analysis) yang meliputi analisis kebutuhan (need asessment) dan analisis awal akhir (front-end analysis) dilakukan wawancara dan observasi untuk mengetahui kebutuhan yang dibutuhkan sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013, (2) tahap desain (design) dilakukan pembuatan storyboard, (3) tahap produksi/pengembangan (development) dilakukan pembuatan bahan ajar, (4) tahap implementasi (implementation), dan (5) tahap evaluasi (evaluation). Tahap implementasi dan evaluasi tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII MIA SMAN 2 Pare sebanyak 20 peserta didik. Produk divalidasi oleh 2 ahli materi (guru dan dosen) dan 2 ahli media (guru dan dosen). Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yang diperoleh berupa saran dan komentar yang akan digunakan sebagai pertimbangan dalam memperbaiki bahan ajar. Data kuantitatif diperoleh dari skor angket yang akan digunakan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar. Teknis analisis data yang menggunakan teknis analisis rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase validasi materi sebesar 83%, validasi media sebesar 83%, dan uji keterbacaan sebesar 85 %. Berdasarkan nilai persentasi hasil validasi dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran kimia khususnya materi sel volta di dalam dan di luar kelas. vii SUMMARY Cholila, Ernanda. 2019. Development of Inquiry-Based Learning Materials Equipped with Augmented Reality in Volta Cell Materials. Thesis, Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, State University of Malang. Advisor: (I) Dr. Munzil, S.Pd., M.Si., (II) Herunata, S.Pd., M.Pd. Keywords: voltaic cells, inquiry, augmented reality This research is motivated by the difficulties of students in learning chemistry because chemistry is abstract. This can be overcome by the use of inquiry-based teaching materials combined with augmented reality technology that can bring up 3D objects so that can help students learn voltaic cell material. The teaching material is in accordance with the requirements of the 2013 curriculum which requires students to find their own knowledge. The purpose of this research is to develop inquiry teaching materials equipped with augmented reality in voltaic cell material. This development research uses the development model of William W. Lee & Diana L. Owens which consists of five stages: (1) the stage of assessment / analysis which includes needs analysis and initial front-end analysis conducted interviews and observations to find out the needs needed in accordance with the requirements of the 2013 curriculum, (2) the design stage made storyboard, (3) the stage of production / development made teaching materials, (4) implementation stage, and (5) evaluation stage. Due to limited time and cost, the implementation and evaluation stage are not carried out. The test subjects in this research were students of class XII MIA Senior High School 2 Pare as many as 20 students. The product is validated by 2 material experts (teachers and lecturers) and 2 media experts (teachers and lecturers). The technique of collecting data uses a questionnaire. Data were analyzed qualitatively and quantitatively. Qualitative data obtained in the form of suggestions and comments that will be used as consideration in improving teaching materials. Quantitative data obtained from questionnaire scores that will be used to determine the feasibility of teaching materials. Technical data analysis using average analysis techniques. The results showed that the teaching materials developed were included in the very feasible category with a percentage of material validation of 83%, media validation of 83%, and readability test of 85%. Based on percentage value of validation and readability test, it can be summed up that teaching materials can be used as learning resources for students in the process of learning chemistry, especially on voltaic material inside and outside the class.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jun 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76881

Actions (login required)

View Item View Item