Analisis pemahaman peserta didik kelas XII SMA Nasional Malang pada materi sifat koligatif larutan menggunakan metode Knowledge Space Theory (KST) / Nurisa Hardiyanti

Hardiyanti, Nurisa (2019) Analisis pemahaman peserta didik kelas XII SMA Nasional Malang pada materi sifat koligatif larutan menggunakan metode Knowledge Space Theory (KST) / Nurisa Hardiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Hardiyanti, Nurisa. 2019. Analisis Pemahaman Peserta Didik Kelas XII SMA Nasional Malang Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Menggunakan Metode Knowledge Space Theory (KST). Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Endang Budiasih, M.S. (II) M. Muchson, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Peserta Didik, Sifat Koligatif Larutan, Knowledge Space Theory. Sifat koligatif larutan dapat digolongkan sebagai salah satu materi yang kompleks sebab memuat berbagai pengetahuan konseptual dan algoritmik. Aplikasi dari materi sifat koligatif larutan juga dapat dijumpai di kehidupan sehari-hari. Materi ini juga berkaitan dengan beberapa konsep lain, misalnya, peserta didik dituntut untuk memahami konsep konsentrasi larutan, larutan elektrolit, dan non elektrolit. Penelitian mengenai penggunaan metode KST untuk mengidentifikasi pemahaman peserta didik menjadi perlu dilakukan sebab selain dapat digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik, KST dapat digunakan untuk mengidentifikasi pola pemahaman peserta didik. Mengetahui tingkat dan pola pemahaman peserta didik diperlukan sebagai acuan untuk merancang pembelajaran yang lebih efektif, serta digunakan untuk melihat struktur pemahaman peserta didik, apakah mereka telah memahami konsep dasar untuk menyelesaikan konsep yang lebih kompleks, atau hanya sekadar menghafal jawaban untuk menyelesaikan soal. Instrumen penelitian yang digunakan sebagai alat bantu untuk mengukur pemahaman peserta didik dalam penelitian ini berupa 18 soal-soal esai dengan nilai reliabilitas 0,767 dan dikategorikan sebagai soal yang memiliki reliabilitas tinggi. Instrumen soal memuat 5 pokok bahasan, yaitu: 1) Konsep Dasar Sifat Koligatif Larutan (KSK), 2 Hitungan Sifat Koligatif Larutan (HSK), 3) Diagram Fasa (DF), 4) Aplikasi Sifat Koligatif Larutan (ASK), dan 5) Sifat Koligatif Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit (SKE). Berdasarkan jawaban peserta didik pada instrumen yang mereka kerjakan, kemudian dianalisis menggunakan metode KST. Analisis didahului dari penyusunan response state, response structure, knowledge structure, dan selanjutnya learning pathway. Melalui learning pathway, pola berpikir peserta didik untuk membentuk suatu konsep akan telihat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman peserta didik SMA Nasional Malang pada materi sifat koligatif larutan dikategorikan cukup (50,36%). Bila dianalisis menggunakan persentase tingkat pemahaman, peserta didik memiliki pemahaman yang kurang pada pokok bahasan DF dan SKE. Peserta didik memiliki 5 jenis pola pemahaman berdasarkan analisis menggunakan metode KST. Pemahaman peserta didik pada pokok bahasan HSK, DF, dan SKE masih kurang jika dianalisis menggunakan metode KST namun telah terstruktur sebab peserta didik mampu menggunakan KSK untuk menyelesaikan soal-soal ASK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76880

Actions (login required)

View Item View Item