Analisis pemahaman materi laju reaksi berdasarkan Knowledge-Space Theory (KST) pada siswa kelas XI SMA Nasional Malang / Resma Devia Arifanti

Arifanti, Resma Devia (2019) Analisis pemahaman materi laju reaksi berdasarkan Knowledge-Space Theory (KST) pada siswa kelas XI SMA Nasional Malang / Resma Devia Arifanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Arifanti, Resma Devia. 2019. Analisis Pemahaman Materi Laju Reaksi Berdasarkan Knowledge Space Theory (KST) Pada Siswa Kelas XI SMA Nasional Malang. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Endang Budiasih, M.S (2) M. Muchson, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: pemahaman siswa, laju reaksi, Knowledge Space Theory (KST) Ilmu kimia dapat dipahami apabila siswa menguasai pengetahuan tiga level representasi yaitu level makroskopis, sub mikroskopis dan simbolik serta mampu menghubungkan ketiga level representasi tersebut. Namun sebagian besar siswa tidak memahami ketiga level representasi tersebut sehingga menganggap konsep-konsep dalam ilmu kimia sulit. Salah satu materi ilmu kimia yang dianggap sulit adalah materi laju reaksi. Laju reaksi menggambarkan karakteristik pengetahuan yang kompleks artinya mencakup pengetahuan yang bersifat abstrak, konseptual, berhirarki dan melibatkan perhitungan matematis. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa hasil tes materi laju reaksi relatif rendah. Salah satu penyebabnya adalah penguasaan dan pemahaman konsep siswa yang masih kurang, menyadari pentingnya pemahaman siswa maka dirasa perlu menyelidiki lebih jauh sehingga dapat diketahui pola pemahaman siswa sudah terstruktur atau belum. Pada penelitian ini menggunakan Knowledge Space Theory (KST) untuk menggambarkan tingkat dan pola pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari dua kelas XI IPA SMA Nasional Malang. Instrumen penelitian berupa 18 butir soal uraian dengan nilai reliabilitas sebesar 0,740. Berdasarkan jawaban siswa pada instrumen, data dianalisis menggunakan metode Knowledge Space Theory (KST). Pola pemahaman siswa diketahui dengan mengidentifikasi response state, response structure, knowledge structure, dan learning pathway. Dari learning pathway, dapat diketahui pola berfikir siswa dalam memahami suatu konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat pemahaman siswa SMA Nasional Malang pada materi laju reaksi dikategorikan cukup (44,1%) berdasarkan pengelompokan Arikunto (2010) dan pemahaman yang rendah terletak pada indikator Konsep Dasar Laju Reaksi dan Hukum Laju Reaksi (2) pola pemahaman siswa SMA Nasional Malang belum terstruktur dengan baik dan terdapat 9 jenis pola pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76879

Actions (login required)

View Item View Item