Pengembangan bahan ajar massa atom, massa rumus, dan konsep mol sebagai penuntun pembelajaran inkuiri dengan strategi OE3R / Nuril Shinta Rakhma Dewi

Dewi, Nuril Shinta Rakhma (2019) Pengembangan bahan ajar massa atom, massa rumus, dan konsep mol sebagai penuntun pembelajaran inkuiri dengan strategi OE3R / Nuril Shinta Rakhma Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Dewi, Nuril Shinta Rakhma. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Massa Atom, Massa Rumus, dan Konsep Mol sebagai Penuntun Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi OE3R. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Sutrisno, M.Si, (II) M. Muchson, M.Pd. Kata Kunci: bahan ajar, strategi OE3R, massa atom, massa rumus, konsep mol. Ilmu kimia diperoleh dan dikembangkan berdasarkan proses pengamatan atau fenomena oleh para kimiawan. Pemahaman konsep dalam ilmu kimia mengacu pada tiga level representasi kimia. Inkuiri merupakan model pembelajaran yang dicirikan oleh partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Strategi OE3R yang diinisiasi oleh Sutrisno (2018) merupakan adaptasi dari model inkuiri dengan menekankan pada tiga aspek representatif yang terhibridisasi dengan enam domain sains. Salah satu materi yang sulit dipahami adalah Ar, Mr, dan konsep mol. Dalam jurnal berjudul “The Learning and Teaching of the Concepts Amount of Substance and Mole: a Review of the Literature” yang ditulis oleh Furio et al dinyatakan bahwa terdapat beberapa kesulitan yang dialami peserta didik dalam memahami jumlah zat dan konsep mol. Hal tersebut terjadi karena karakteristik materi yang dimaksud juga bersifat konsep abstrak dan konsep terdefinisi. Sehingga diperlukan sebuah bahan ajar yang dapat digunakan sebagai penuntun dan sesuai dengan karakteristik materi yaitu dengan strategi OE3R pada materi massa atom, massa rumus, dan konsep mol. Pengembangan bahan ajar ini dilakukan dengan mengadopsi model 4D dari Thiagarajan (1974) yang meliputi tahap membatasi, mendesain, dan mengembangkan. Validitas bahan ajar diperoleh dari data kualitatif dan kuantitatif dari kegiatan validasi. Validasi dilakukan oleh empat orang validator, yaitu satu dosen kimia FMIPA UM dan tiga guru kimia SMAN 1 Pandaan. Data kuantitatif diperoleh berdasarkan skor angket yang disusun dalam skala Likert, sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar validator. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memiliki persentase rata-rata total sebesar 95,80% dengan kriteria sangat valid. Dengan demikian bahan ajar massa atom, massa rumus, dan konsep mol sebagai penunjang pembelajaran inkuiri dengan strategi OE3R yang dikembangkan tersebut dapat dianggap layak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76875

Actions (login required)

View Item View Item