Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan sistem PJBL berbasis kontekstual pada materi asam dan basa untuk siswa kelas XI SMA/MA / Pinky Kusuma Ningtyas

Ningtyas, Pinky Kusuma (2019) Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan sistem PJBL berbasis kontekstual pada materi asam dan basa untuk siswa kelas XI SMA/MA / Pinky Kusuma Ningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ningtyas, Pinky Kusuma. 2019. Pengembangan Bahan Ajar dengan Pendekatan STEM PjBL Berbasis Kontekstual Pada Materi Asam dan Basa Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Hayuni Retno Widarti, M.Si. (II) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu, M.Si. Kata Kunci : bahan ajar, Asam Basa, STEM PjBL, pendekatan STEM, berbasis proyek Pembelajaran kimia masih sering dianggap sulit dan membosankan oleh sebagian besar siswa SMA, hal ini karena masih banyak sekolah yang hanya terpacu pada teori saja. Ilmu kimia merupakan experimental science, maka dalam proses pembelajarannya dapat dilakukan melalui kegiatan praktikum. Pendekatan STEM PjBL akan memungkinkan siswa lebih tertarik untuk mempelajari materi kimia karena pembelajaran berpusat pada siswa dan lebih banyak kegiatan praktek yang dilakukan sendiri oleh siswa. Pendekatan STEM PjBL terdiri dari lima tahap, antara lain Reflection, Research, Discovery, Application dan Communication. Pengembangan bahan ajar yang dilakukan menggunakan model 4D (Four-D Model) karena berorientasi pada produk. Terdapat empat tahap pengembangan, yaitu define, design, develop dan disseminate. Namun, yang dapat terlaksana hanya tiga tahap awal karena terbatas pada waktu dan biaya. Pada tahap define menentukan ruang lingkup pengembangan, tahap design merancang draft bahan ajar dan tahap develop mengembangkan bahan ajar hingga revisi dan validasi. Validasi dilakukan oleh satu dosen kimia dan satu guru kimia. Validator memberikan skor, saran serta komentar untuk bahan ajar yang dikembangkan, sehingga data yang diperoleh berupa data kualitatif maupun kuantitatif dan dianalisis untuk mengetahui kelayakan bahan ajar. Selain itu, juga dilakukan uji keterbacaan oleh 10 siswa dengan memberikan angket. Bahan ajar yang dihasilkan terdiri dari Buku Guru dan Buku Siswa yang masing-masing terdiri dari bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup. Bagian pendahuluan mencakup cover, karakteristik buku, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar video, petunjuk penggunaan buku, telaah KI dan KD, serta pengantar bahan ajar. Bagian isi terdiri dari materi pembelajaran yang terbagi menjadi empat sub-bab, yaitu Swa-ionisasi air dan Konsep pH, Teori Asam Basa, Kekuatan Asam Basa, serta Indikator Asam Basa. Masing-masing bagian dijelaskan sesuai dengan pendekatan STEM PjBL yang mengintegrasikan empat interdisiplin ilmu, yaitu Science, Technology, Engineering, dan Mathematics dengan berbasis proyek. Kelayakan hasil validasi bahan adalah sebagai berikut, buku guru diperoleh persentase sebesar 85,48%, RPP pada buku guru diperoleh persentase sebesar 87,94%, dan hasil validasi pada buku siswa diperoleh persentase sebesar 86,52%, sedangkan hasil uji keterbacaan oleh subjek uji coba diperoleh persentase sebesar 85,125%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa bahan ajar sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/76873

Actions (login required)

View Item View Item