Implementasi pendidikan karakter di TK Islam Terpadu Al-Hikmah Bence Garum Blitar / Siti Choiriah - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pendidikan karakter di TK Islam Terpadu Al-Hikmah Bence Garum Blitar / Siti Choiriah

Choiriah, Siti (2018) Implementasi pendidikan karakter di TK Islam Terpadu Al-Hikmah Bence Garum Blitar / Siti Choiriah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Choiriah Siti. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter di TK Islam Terpadu AI-Hikmah Bence Garum Blitar. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Anselmus J.E. Toenlioe MPd (2) Eka Pramono Adi S.IP M.Si. Kata kunci Pendidikan karakter anak usia dini Pendidikan karakter merupakan tanggung jawab semua pihak. Salah satu pihak yang bertanggung jawab dan berperan untuk melaksankan pendidikan karakter adalah satuan pendidikan. Salah satu pihak yang sangat berperan penting adalah satuan pendidikan anak usia dini. Pendidikan karakter harus diberikan sejak usia dini. Pada masa ini anak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Anak akan menyerap semua informasi yang ada di sekitarnya. Pendidikan karakter perlu diberikan pada masa ini sebagai pondasi yang akan menentukan masa depan anak. Implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini dilaksanakan melalui proses pembelajaran. Berkaitan dengan hal itu maka diperlukan pembahasan mengenai implementasi pendidikan kamkter pada anak usia dini khususnya di TKIT Al-Hikmah Benoe Penelitian ini dilaksankan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yaitu mendeskripsikan perencanaan pendidikan karakter pelaksanaan pendidikan karakter dan evaluasi pendidikan karakter di TK Islam Terpadu Al-Hikmah Bence. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam hal ini peneliti sebagai instrumen utama. Data penelitian ini adalah berupa tidakan-tidakan yang dilakukan oleh guru dan siswa selama proses pembelajaran. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi pedoman wawancara lembar pengamatan dan catatan lapangan. Dalam penelitian ini perpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan triangulasi data dan pengecekan anggota digunakan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan karakter dilakukan saat perencanaan program semester Satuan Kegiatan Mingguan dan Satuan Kegiatan Harian. Pelaksanaan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode bercerita dan praktek langsung. Guru menggunakan media buku cerita APE (Alat Peraga Edukatif) dan laptop untuk membantu pengenalan nilai-nilai karakter pada anak. Evaluasi pendidikan karakter menggunakan teknik penilaian observasi catatan anekdot penugasan dan tanya jawab. Berdasarkan temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru masih belum banyak memanfaatkan metode dan media pembelajaran yang ada untuk membantu penerapan pendidikan karakter. Maka peneliti menyarankan sekolah untuk mengadakan pelatihan guru terutama mengenai metode dan media pembelajaran yang dapat di gunakan untuk membantu proses pembetajaran pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item