Hubungan gaya belajar berdasarkan gender dengan hasil belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Mufardisah Arief

Arief, Mufardisah (2018) Hubungan gaya belajar berdasarkan gender dengan hasil belajar mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Mufardisah Arief. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arief, Mufardisah. 2018. Hubungan Gaya Belajar Berdasarkan Gender dengan Hasil Gaya Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Jurusan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Sihkabuden, M.Pd., (II) Saida Ulfa, S.T., M.Edu.,Ph.D. Kata Kunci : gaya belajar, hasil belajar, gender, kolb Seorang peserta didik dikatakan berhasil dalam proses belajar adalah apabila terdapat perubahan dari tidak mengerti menjadi mengerti. Tercapai atau tidaknya sebuah tujuan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajarnya. Sedangkan hasil belajar itu sendiri tidak bisa lepas dari bagaimana guru/dosen memahami peserta didiknya terutama karakteristiknya. Dalam hal ini penulis mengambil gaya belajar sebagai salah satu karakteristik peserta didik dimana ia merupakan suatu kombinasi dari bagaimana ia menyerap, dan kemudian mengatur serta mengolah informasi. Gaya belajar menurut David Kolb (2015) terdiri dari 4 tipe yakni Assimilator (Reflectife Observation dan Abstract Conceptualization), Accomodator (Active Experimentation dan Concrete Experience), Diverger (Concrete Experience dan Reflective Observation), dan Converger (Abstract Conceptualization dan Active Experimentation). Gaya belajar yang melekat pada masing-masing individu juga dipengaruhi oleh gender. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Populasi sebesar 339 mahasiswa dengan sampel 150 mahasiswa (75 laki-laki dan 75 perempuan). Data didapatkan melalui pengisian instrumen gaya belajar mahasiswa (KolbÔÇÖs Inventory Learning Style) sebanyak 40 butir soal yang telah melalui tahap uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Uji analisis menggunakan uji independent sample t-test untuk mencari beda gaya belajar laki-laki dan perempuan dan uji korelasi Spearman untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa preferensi gaya belajar mahasiswa dominan pada tipe gaya belajar Diverger sebanyak 33% dan Converger sebanyak 29% . Sedangkan gaya belajar Assimilator sebesar 11%, Accomodator sebesar 8% dan gaya belajar campuran 23%. Berdasarkan uji beda menggunakan independent sample t-test , tidak terdapat perbedaan antara nilai gaya belajar mahasiswa laki- laki dan perempuan dengan nilai t hitung sebesar 0,353 (t hitung < t tabel). Kemudian, tidak terdapat hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar mahasiswa dengan nilai korelasi yang berbeda-beda pada setiap tipe gaya belajar. Itu artinya H&#8338; diterima dan H&#8336; ditolak.Namun, ada salah satu tipe gaya belajar yang memiliki hubungan yang signifikan, yakni gaya belajar Converger.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item View Item