Pengembangan media elektronik dengan feedback berbasis android materi suhu dan kalor untuk siswa SMA/MA / Amaliyah Tazkiyah

Tazkiyah, Amaliyah (2020) Pengembangan media elektronik dengan feedback berbasis android materi suhu dan kalor untuk siswa SMA/MA / Amaliyah Tazkiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Tazkiyah, Amaliyah. 2019. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Android dengan Feedback Materi Suhu dan Kalor untuk Siswa SMA/MA. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sulur, S.Pd., M.Si., M.TD. Kata Kunci: Modul Elektronik, Android, Feedback, Suhu dan Kalor Perkembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) yang bertambah pesat menyebabkan terjadinya perubahan, pada sektor pendidikan dan pembelajaran. Integrasi TIK dalam pembelajaran salah satunya penggunaan android. Suhu dan Kalor merupakan salah satu konsep fisika yang sering dijumpai dalam kehidupan, namun masih terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan. Di samping itu, pendidik merasa kesulitan saat memberikan evaluasi yang baik ketika siswa mengerjakan soal. Hal tersebut menyebabkan kurang optimalnya pemahaman siswa terhadap peningkatan kompetensi serta hasil belajar siswa. Dengan demikian dibutuhkan fitur feedback pada sebuah bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini mengembangkan modul elektronik dengan feddback berbasis Android materi Suhu dan Kalor serta mengetahui kelayakan modul elektronik tersebut Penelitian dan Pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Jenis data yang digunakan pada produk ini berupa kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan wawancara serta penyebaran Angket kepada Validator dan Siswa. Angket menggunakan Skala Likert untuk setiap jawaban. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan perhitungan persentase. Setelah dilakukan uji validasi oleh validator, diperoleh rata-rata sebesar 3,49 atau 87,3% dan uji keterbacaan diperoleh rata-rata sebesar 79,3%. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat dikatakan bahwa modul elektronik memiliki kriteria layak. Saran dalam mengembangkan produk selanjutnya yaitu mengetahui cara membuat aplikasi (produk yang akan dikembangkan) menggunakan software yang dipilih sebelum membuat aplikasi dalam skala besar sehingga diperlukan testimoni dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75946

Actions (login required)

View Item View Item