Pengembangan aplikasi virtual labs physics pada materi fluida statis dengan pendekatan saintifik sebagai sarana belajar peserta didik SMA/MA kelas XI IPA / Nanda Rizky Aulia

Aulia, Nanda Rizky (2020) Pengembangan aplikasi virtual labs physics pada materi fluida statis dengan pendekatan saintifik sebagai sarana belajar peserta didik SMA/MA kelas XI IPA / Nanda Rizky Aulia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aulia, Nanda Rizky. 2019. Pengembangan Aplikasi Virtual Labs Physics Pada Konsep Fluida Statis Dengan Pendekatan Saintifik Sebagai Sarana Belajar Peserta Didik SMA/MA Kelas XI IPA. Skripsi. Jurusan Fisika, Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Purbo Suwasono, M.Si Kata Kunci: Virtual Labs Physics, Pendekatan Saintifik, Sarana Belajar Perkembangan TIK menyediakan kesempatan untuk penggunaan simulasi komputer terutama dalam pembelajaran fisika yang mengenai fenomena fisis yang bersifat abstrak. Dalam proses pembelajaran fisika masih terkesan sulit untuk dipahami dikarenakan peserta didik masih menganggap pembelajaran fisika sebagai kumpulan rumus-rumus dan memiliki konsep yang abstrak. Konsep yang abstrak ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari fisika, khususnya ketika mereka menggunakan konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari (Surapranata, 2004). Oleh karena itu seharusnya dalam proses pembelajaran fisika perlu disiapkan suatu media atau alat bantu yang dapat membuat fisika menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk dipelajari. Pengembangan aplikasi yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Sivasailam Thiagarajan, Dhorothy S. Semmel dan Melvyn I. Semmel (1974) yang disebut dengan model pengembangan 4-D. Model pengembangan 4-D terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran tersebut pada materi fluida statis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi materi, angket validasi media, dan angket responden. Aplikasi Virtual Labs Physics ini diujicobakan terbatas pada peserta didik kelas XI IPA di MAN 1 Jembrana dengan jumlah 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan memiliki kriteria layak digunakan sebagai saran belajar bagi peserta didik. Melalui proses validasi ahli diperoleh hasil rata-rata persentase kelayakan umum untuk aspek media adalah sebesar 97,12% (layak) dan pada aspek materi sebesar 95,21% (layak). Berdasarkan angket responden peserta didik diperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 91,62% (layak) sehingga dapat diketahui bahwa aplikasi virtual labs physics dapat diterima oleh peserta didik. Berdasarkan angket observer dapat diketahui bahwa media aplikasi virtual labs physics dapat dijadikan sebagai sarana belajar dengan melihat respon peserta didik, antusias pesrta didik yang tinggi dan juga keaktifan peserta didik dalam menggunakan media aplikasi virtual labs physics cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75945

Actions (login required)

View Item View Item