Analisis kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL berbasis lesson study tahun ajaran 2019/2020 dalam mengembangkan strategi pembelajaran era pendidikan 4.0 / Septina Putri Bintari

Bintari, Septina Putri (2020) Analisis kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL berbasis lesson study tahun ajaran 2019/2020 dalam mengembangkan strategi pembelajaran era pendidikan 4.0 / Septina Putri Bintari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bintari, Septina, Putri. 2019. Analisis Kemampuan Mahasiswa Fisika Peserta KPL Berbasis Lesson Study Tahun Ajaran 2019/2020 dalam Mengembangkan Strategi Pembelajaran Era Pendidikan 4.0. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sugiyanto, S. Pd, M. Si. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan 4.0, Mahasiswa Fisika Peserta KPL Strategi pembelajaran adalah cara yang dilakukan agar peserta didik dapat belajar dan mencapai tujuan pembelajaran, bukan hanya cara yang dilakukan guru untuk menyampaikan pembelajarannya. Strategi pembelajaran diharapkan sesuai dengan era pendidikan saat ini, agar dapat menciptakan peserta didik yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat saat ini. Era pendidikan saat ini biasa disebut dengan pendidikan 4.0. Pendidikan 4.0 ini muncul akibat revolusi industri 4.0 dan pembelajarannya ditekankan pada pembelajaran aktif serta digitalisasi dan komputerasi. Sebagai calon guru mahasiswa KPL harus mampu menghadapi pendidikan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat menyesuaikan strategi pembelajaran yang digunakan pada generasi yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa fisika peserta KPL berbasis lesson study tahun ajaran 2019/2020 dalam merencanakan, melaksanakan, dan merefleksi strategi pembelajaran era pendidikan 4.0. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-postfacto. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa angka dan narasi, oleh karena itu penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa fisika peserta KPL II gelombang I dan II tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, pedoman wawancara, lembar penilaian produk RPP, produk video pelaksanaan pembelajaran, dan produk lembar refleksi. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan mahasiswa dalam: (1) merencanakan strategi pembelajaran era pendidikan 4.0 memiliki skor pada hasil analisis angket sebesar 81,8% kategori baik, sementara pada hasil analisis produk RPP yaitu 54,7% dengan kategori tidak baik; (2) melaksanakan strategi pembelajaran era pendidikan 4.0 memiliki skor pada hasil analisis angket sebesar 83,6% kategori baik, sementara pada hasil analisis produk video pembelajaran yaitu 66,8% dengan kategori cukup baik; (3) merefleksi strategi pembelajaran era pendidikan 4.0 berdasarkan hasil analisis angket memiliki skor 86,9% dengan kategori sangat baik. Sedangkan berdasar hasil penilaian lembar refleksi lesson study mahasiswa fisika peserta KPL kurang dalam manajemen waktu dan pengelolaan kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75944

Actions (login required)

View Item View Item