Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan adobe flash CS 6 pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA kelas X / Ivan Dwi Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan adobe flash CS 6 pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA kelas X / Ivan Dwi Santoso

Santoso, Ivan Dwi (2019) Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan adobe flash CS 6 pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMA kelas X / Ivan Dwi Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Santoso Ivan Dwi. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS 6 Pada Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA Kelas X. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran interaktif pemahaman konsep suhu kalor Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia merupakan permasalahan yang sulit untuk diselesaikan. Berbagai cara dan upaya telah dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut namun hasilnya belum optimal. Pembelajaran fisika di kelas masih menghadapi beberapa masalah. Pembelajaran yang masih menggunakan metode tradisional. Perancangan pembelajaran inovatif dengan menggunakan strategi yang efektif terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa perlu dilakukan. Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat meningkatkan kualitas pengajaran pembelajaran dan manajemen di sekolah dan membantu meningkatkan standar. Hal ini ditandai dengan banyaknya media pembelajaran yang berbasis komputer yang sangat menarik sehingga dapat menjadi sarana atau alat untuk proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Namun saat ini guru belum memanfaatkan teknologi yang ada dalam pembelajaran sehari-hari. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development / R D). Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk menemukan mengembangkan dan memvalidasi suatu produk. Model pengembangan 4D (Four D) merupakan model pengembangan perangkat pembelajaran. Model ini dikembangkan oleh S. Thiagarajan. Dorothy S. Semmel dan Melvyn I. Semmel. Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu (1) Define (Pembatasan) (2) Design (Perancangan) (3) Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) Data yang diperoleh berasal dari penilaian yang dilakukan oleh validator dan siswa. Validator memberikan penilaian produk mengenai penggunaan produk desain media pembelajaran dan kesesuaian materi pada media pembelajaran. Siswa memberiakan penilaian pada saat proses uji lapang. Uji yang dilakukan oleh validator terhadap media pembelajaran menunjukkan kriteria valid dengan hasil 86.8%. Dari hasil responden siswa secara keseluruhan terhadap media pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan kriteria valid dengan hasil 79%. Hasil analisis data keseluruhan data yang telah diperoleh menjukkan bahwa siswa dapat menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas x pada materi suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75943

Actions (login required)

View Item View Item