Pengembangan e-modul android berbasis adobe animate cc untuk membantu siswa dalam menjelaskan teori kinetik gas dan karakteristik gas/ Faiq Nur Saidah

Saidah, Faiq Nur (2020) Pengembangan e-modul android berbasis adobe animate cc untuk membantu siswa dalam menjelaskan teori kinetik gas dan karakteristik gas/ Faiq Nur Saidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Saidah, Faiq Nur. 2019. Pengembangan E-Modul Android Berbasis Adobe Animate CC untuk Membantu Siswa dalam Menjelaskan Teori Kinetik Gas dan Karakteristik Gas. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Purbo Suwasono, M.Si., (II) Dr. H. Edi Supriana, M.Si. Kata Kunci: E-Modul, Android, Teori Kinetik Gas Teori kinetik gas merupakan salah satu materi pada mata pelajaran fisika. Namun, siswa masih merasa kurang paham, dikarenakan materi ini mempelajari sesuatu abstrak dan juga mikroskopis. Pemahaman siswa pada materi teori kinetik gas masih sangat lemah pada sub materi sifat-sifat gas ideal, hukum-hukum gas, dan energi kinetik gas. Upaya mengatasi kesulitan siswa dalam memahami materi teori kinetik gas dapat dilakukan dengan menggunakan sumber belajar mandiri berupa modul. Penggunaan modul dalam bentuk digital atau elektronik diperlukan dalam pembelajaran dikarenakan materi ini membutuhkan visualisasi agar siswa lebih mudah memahami materi, selain itu penggunaan modul berbasis android lebih bersifat fleksibel karena mudah dibawa kemana saja dan dapat diakses di dalam maupun di luar kelas Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kevalidan dan kepraktisan E-Modul android berbasis adobe animate CC untuk membantu siswa dalam menjelaskan teori kinetik gas dan karakteristik gas. Penelitian ini menggunakan Four-D yang didesain oleh Thiagarajan (1974) yang terdiri dari empat tahapan penelitian, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). Model 4D dipilih dikarenakan model ini lebih sederhana tetapi memiliki beberapa tahapan yang tersusun dengan rinci dan sistematis. Pada metode ini dilakukan hanya sebatas sampai pada tahap ketiga yaitu hanya sampai pada tahap pengembangan (develop). Tahap penyebaran (disseminate) tidak dilaksanakan karena penelitian ini dilakukan hingga tahap uji coba terbatas saja. Jenis data yang diperoleh berdasarkan desain uji coba pada penelitian pengembangan yang dirancang adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor pada angket validasi produk oleh validator dan angket penilaian dari angket uji kepraktisan oleh siswa. Data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran oleh validator. Produk diuji cobakan kepada 15 siswa kelas XI MAN 1 Kota Malang. Produk yang dikembangkan adalah E-Modul android pada materi teori kinetik gas. Berdasarkan hasil analisis data dari validasi produk oleh validator, mendapatkan rata rata persentase 92,2 untuk validasi materi, dan rata rata persentase 93,96 untuk validasi media, sehingga produk dapat dikategorikan layak. Berdasarkan hasil analisis uji coba kepraktisan kepada siswa, diperoleh rata rata kepraktisan sebesar 92,5 %. Artinya, produk dapat dikategorikan praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75912

Actions (login required)

View Item View Item