Peningkatan penguasaan konsep fisika siswa SMA yang diajarkan dengan model 5E learning cycle pada matedan kalor / Dwi Suci Febrri suhu iyanti

Febriyanti, Dwi Suci (2020) Peningkatan penguasaan konsep fisika siswa SMA yang diajarkan dengan model 5E learning cycle pada matedan kalor / Dwi Suci Febrri suhu iyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Febriyanti, Dwi Suci. 2019. Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA yang Diajarkan dengan Model 5E Learning Cycle Pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Purbo Suwasono, M.Si, (2) Prof. Dr. Sutopo, M.Si. Kata Kunci: 5E Learning Cycle, Penguasaan Konsep, materi suhu dan kalor. Penelitian ini membahas tentang pembelajaran dengan model 5E learning cycle untuk meningkatan penguasaan konsep siswa pada materi suhu dan kalor. Tujuan spesifik dari pembelajaran adalah untuk membangun pemahaman yang bermakna pada materi suhu dan kalor. Fokus penelitian adalah untuk menguji keefektifan pembelajaran terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan mixed methods jenis embedded experimental design. Data dari penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari skor pretest dan posttest sedangkan data kualitatif diperoleh dari observasi selama pembelajaran dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Gedangan dengan jumlah 35 siswa.). Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep berjumlah 10 soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa saat pretest sebesar 2,60 (SD = 1,006) dan saat posttest 8,23 (SD = 1,060). Peningkatan skor pretest ke posttest dihitung dengan menggunakan nilai d-effect size untuk mengetahui seberapa besar dampak pembelajaran terhadap penguasaan konsep siswa. Didapatkan hasil 5,45 yaitu termasuk dalam kategori lebih besar sekali dari standar. Untuk mendeskripsikan seberapa kuat peningkatan pemahaman konsep siswa berdasarkan skor pretest dan posttest dilakukan perhitungan rata-rata gain ternormalisai (N-gain). Diperoleh angka 0,76 dengan kriteria tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model 5E learning cycle dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Gedangan pada materi suhu dan kalor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75910

Actions (login required)

View Item View Item