Pembelajaran menggunakan learning cycle 5E untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pokok bahasan suhu kalor / Annis Sholikah

Sholikah, Annis (2020) Pembelajaran menggunakan learning cycle 5E untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pokok bahasan suhu kalor / Annis Sholikah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sholikah, Annis. 2019. Pembelajaran Menggunakan Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pokok Bahasan Suhu Kalor. Skripsi. Jurusan Fisika, Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Purbo Suwasono, M. Si (2) Prof. Dr. Sutopo, M.Si Kata Kunci: Pembelajaran learning cycle 5E, kemampuan pemecahan masalah, Suhu dan Kalor Pemecahan masalah merupakan proses pembelajaran maupun penyelesaian yang memungkinkan siswa memperoleh pengalaman berdasarkan pengetahuan dan keterampilan yang sudah dimilikinya. Namun kemampuan siswa dalam meyelesaikan masalah pada pembelajaran fisika masih tergolong rendah. Sebelum siswa dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, siswa dituntut untuk memiliki kemampuan awal dan konsep yang baik. Model pembelajaran Learning Cycle 5E mampu memberikan kesempatan bagi siswa dalam membangun pemahaman dan pengetahuannya nya sendiri terhadap konsep-konsep melalui kegiatan pembelajaran yang interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan bantuan model pembelajaran learning cycle 5E pada materi suhu dan kalor. Penelitian dilakukan dengan menggunakan mixed method dengan embedded experimental design (Creswell & Clark, 2012). Data yang didapatkakan beruapa data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pretest dan posttest siswa sedangkan untuk data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara kepada siswa serta dari komentar dan saran oleh validator dan siswa. Penelitian ini dilakukan kepada 34 siswa MIA 5 SMAN 7 Malang. Soal yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pemecahan masalah pada materi suhu dan kalor. Berdasarkan hasil analisis data dari dari validasi butir soal oleh validator, 9 soal dinyatakan valid dan 3 soal dinyatakan kurang valid. Berdasarkan hasil analisis butir soal yang diuji ke siswa 9 soal dinyatakan valid dengan reliabilitas sebesar 0.74. Soal yang sudah dinyatakan valid maka dilakukan uji normalitas pada soal pretest maupun posttest. Pada soal pretest diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.81 sedangkan pada soal posttest diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.78, nilai signifikansi pretest maupun posttest lebih dari 0.05 yang menyetakan bahwa skor pretest dan posttest terdistribusi secara normal. Langkah selanjutnya yaitu dialkukan uji paired sample t test. Berdasarkan uji paired sample t test yang dilakukan diperoleh thitung = -17.037 sedangkan ttabel sebesar = 2.042. Karena thitung ttabel maka hasil ini menunjukkan adanya perbedaan yang cukup besar antara skor kemampuan pemecahan masalah siswa saat pretest dan posttest. Hal tersebut juga dapat dilihat dari nilai signifikansi (0.00)(0,05) maka hasil ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah siswa dari pretest ke posttest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75908

Actions (login required)

View Item View Item