Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis sparkol videoscribe untuk membantu peserta didik menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor kelas XI SMA / Lulut Niswatin

Niswatin, Lulut (2020) Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis sparkol videoscribe untuk membantu peserta didik menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor kelas XI SMA / Lulut Niswatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Niswatin, Lulut. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe Untuk Membantu Peserta Didik Menganalisis Pengaruh Kalor Dan Perpindahan Kalor Kelas XI SMA. Skripsi. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Haryoto, M.Pd., (II) Nughroho Adi Pramon, S.Si, M.Sc. Kata kunci: Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Pengaruh Kalor , Perpindahan Kalor Pada materi suhu dan kalor, peserta didik memiliki waktu pembelajaran yaitu 2 x 45 menit setiap pertemuan dan guru tidak dapat membimbing langsung di luar jam pelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan sebuah media pembelajaran yang efektif, praktis, dan dapat ditangkap oleh peserta didik dan mencakup materi analisis matematis dan logis dari materi suhu dan kalor. Dengan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe, maka akan membantu peserta didik untuk menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran fisika berbasis sparkol videoscribe yang dikembangkan. Hal ini ditinjau dari kevalidan konten video, materi dalam video, dan kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan. Dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan 10 langkah yang dikembangkan oleh Sugiyono. Namun, penelitian hanya menggunakan 6 langkah karena menggunakan uji coba terbatas tanpa revisi, tidak diproduksi masal, dan hanya dilaporkan evaluasinya. Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan tahap wawancara guru untuk mengetahui potensi dan masalah yang terjadi kemudian dilanjutkan tahap pengumpulan data. Ketika semua data sudah lengkap maka dilanjutkan membuat desain produk dan dilakukan validasi produk yang meliputi konten video dan materi dalam video oleh validator. Dari hasil validasi maka dapat diketahui nilai kevalidan, saran, dan komentar dari produk yang akan dikembangkan, serta diketahui produk perlu revisi atau tidak. Tahap berikutnya yaitu uji coba terbatas kepada peserta didik, untuk mengetahui kepraktisan media yang dikembangkan serta melakukan wawancara kepada peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis sparkol videoscribe memiliki nilai kevalidan konten video 3,60 (valid) dan materi dalam video 3,56 (valid), sehingga didapatkan nilai rata-rata 3,58 (valid) dan sedikit revisi. Pada uji kepraktisan media didapatkan persentase 93,58% (sangat praktis). Hal ini, menunjukkan media yang dikembangkan valid dan sangat praktis, sehingga peserta didik mudah dalam menggunakannya, dan pada tahap wawancara didapat respon, komentar, dan saran peserta didik terhadap media yang diujicobakan. Media pembelajaran yang dikembangkan memanfaatkan teknologi sparkol videoscribe untuk menyusun tiap konten materi yaitu suhu, pemuaian, kalor, asas black, dan perpindahan kalor dengan produk akhir berupa videoscribe/animasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75907

Actions (login required)

View Item View Item