Pengembangan modul digital interaktif berbasis 3D pageflip professional dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk membantu siswa dalam menerapkan hukum-hukum fluida statis / Fatmatul Ailiyah

Ailiyah, Fatmatul (2020) Pengembangan modul digital interaktif berbasis 3D pageflip professional dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk membantu siswa dalam menerapkan hukum-hukum fluida statis / Fatmatul Ailiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ailiyah, Fatmatul. 2019. Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis 3D Pageflip Professional dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Membantu Siswa dalam Menerapkan Hukum-hukum Fluida Statis. Skripsi. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. H. Edi Supriana, M.Si., (II) Nurul Hidayat, M.Si. Kata Kunci : modul digital, 3D Pageflip Professional, CTL Kurikulum 2013 menghendaki pembelajaran yang membuat siswa dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari ke masyarakat dan memanfaatkan fenomena dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber belajar. Selain itu, Kurikulum 2013 juga menuntut pembelajaran yang interaktif dan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan maksimal. Namun, pada kenyataannya penggunaan TIK belum maksimal. Sumber belajar yang digunakan di sekolah adalah buku paket dan Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang berdasarkan studi literatur masih memiliki beberapa kekurangan. Sehingga siswa membutuhkan sumber belajar yang dapat membantu siswa dalam mencapai kompetensi yang diinginkan, menarik, lengkap dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan kelayakan modul digital interaktif berbasis 3D Pageflip Professional dengan pendekatan CTL untuk membantu siswa dalam menerapkan hukum-hukum fluida statis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan alur dari Thiagarajan yaitu Model 4D yang dimodifikasi. Model ini terdiri atas empat tahapan, yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Namun, pada penelitian ini tahap penyebaran tidak dilakukan, karena tujuan penelitian ini hanya sampai mendeskripsikan kelayakan produk. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji validitas dan uji coba terbatas dengan menggunakan angket. Teknik analisis rata-rata untuk uji validitas dan teknik analisis persentase untuk uji kepraktisan dipilih untuk keperluan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data validasi oleh ahli dan uji coba terbatas oleh siswa dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan layak untuk digunakan. Hal tersebut karena modul berdasarkan validasi oleh ahli memperoleh nilai rata-rata 3,70 dengan kriteria valid dan juga berdasarkan uji kepraktisan melalui uji coba terbatas oleh siswa diperoleh hasil persentase sebesar 97,4% yang dapat dikategorikan praktis. Modul yang dikembangkan juga direvisi berdasarkan saran dan komentar dari validator. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul digital interaktif berbasis 3D Pageflip Professional dengan pendekatan CTL untuk membantu siswa dalam menerapkan hukum-hukum fluida statis telah layak untuk digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran maupun sumber belajar secara mandiri. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) mengembangkan modul digital interaktif berbasis 3D Pageflip Professional yang dapat digunakan pada smartphone (2) menambahkan konten interaktif selain pada latihan soal, dan (3) mengembangkan modul digital interaktif dengan pendekatan CTL pada materi yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75906

Actions (login required)

View Item View Item