Analisis kemampuan mahasiswa calon guru fisika peserta KPL berbasis lesson study dalam mengembangkan media pembelajaran era 4.0 / Desy Fransiska Ayu

Ayu, Desy Fransiska (2020) Analisis kemampuan mahasiswa calon guru fisika peserta KPL berbasis lesson study dalam mengembangkan media pembelajaran era 4.0 / Desy Fransiska Ayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ayu, Desy Fransiska. 2019. Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Fisika Peserta KPL Berbasis Lesson Study Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Era 4.0. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengtahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sugiyanto, S.Pd, M.Si., (II) Dr. Endang Purwaningsih, M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Lesson Study, dan Era 4.0 Media pembelajaran merupakan alat yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran sangat diperlukan dalam proses pembelajaran dikarenakan dapat mempermudah penyampaian materi yang komples dan abstrak. Tantangan dunia pendidikan dalam era 4.0 yaitu bagaimana caranya melaksanakan pembelajaran di luar jam pelajaran. Cara yang tepat yaitu dengan menggunakan teknologi dalam penggunaan media pembelajaran. Karakteristik media pembelajaran era 4.0 sebagai berikut: a) berbasis Information and Communication Technology (ICT), b) dapat diakses di luar pembelajaran, dan c) mudah diakses dalam media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa calon guru fisika peserta KPL dalam merencanakan, melaksanakan, dan merefleksi media pembelajaran era 4.0. Metode yang digunakan ex-postfacto. Ex-postfacto adalah suatu penelitian yang melihat ke belakang agar dapat mengetahui faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Penilaian angket kemampuan merencanakan media pembelajaran memiliki skor rata-rata 32,91% dengan katagori tidak baik, aspek kemampuan mengelola penggunaan media pembelajaran era 4.0 memiliki skor rata-rata 90,63% dalam katagori sangat baik, dan aspek ketiga yaitu merefleksi media pembelajaran era 4.0 memperoleh katagori sangat baik dengan skor rata-rata 89.31%. Sedangkan untuk penilaian produk dalam merencanakan memperoleh skor sebesar 49,99% dalam katagori tidak baik, mengelola penggunaan media pembelajaran sebesar 74,23% dalam katagori baik, dan merefleksi media pembelajaran medapatkan skor sebesar 17,22% dengan katagori sangat tidak baik. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan mahasiswa fisika lebih banyak memanfaatkan dan menggunakan media pembelajaran yang sudah ada dibandingkan membuat sendiri dan memodifikasi media pembelajaran. Beberapa temuan yang lain, diantaranya: a) penulisan RPP yang kurang lengkap dalam membahas media pembelajaran, b) sarana prasarana sekolah yang kurang mendukung pembelajaran di kelas, c) akses internet kurang lancar, d) kebijakan sekolah yang tidak memperbolehkan siswa membawa smartphone dan laptop, dan d) minimnya infromasi yang didapatkan dalam lembar refleksi pelaksanaan lesson study.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75905

Actions (login required)

View Item View Item