Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan lembar kerja siswa berbasis Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi gerak lurus / Yoga Adi Purwanto

Purwanto, Yoga Adi (2020) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan lembar kerja siswa berbasis Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi gerak lurus / Yoga Adi Purwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Purwanto, Yoga Adi. 2019. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Lembar Kerja Siswa Berbasis Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Gerak Lurus. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Sulur, S.Pd, M.Si, M.T.D., (II) Drs. Purbo Suwasono, M.Si. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Thinking Empowerment by Questioning (TEQ), Lembar Kerja Siswa, Keterampilan Berpikir Kritis. Pembelajaran pada abad ke-21 menuntut siswa memiliki keterampilan 4C, dimana salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing dengan lembar kerja siswa berbasis TEQ terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi gerak lurus. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain Pretest – Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Laboratorium UM semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Keterampilan berpikir kritis siswa diukur menggunakan instrumen tes berbentuk soal uraian yang disusun berdasarkan indikator berpikir kritis Ennis. Hasil pretest dan posttest keterampilan berpikir kritis siswa harus dilakukan uji prasyarat terlebih dahulu yang meliputi uji normalitas menggunakan Uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan Uji Fisher. Selanjutnya, uji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan Uji-t satu pihak untuk sampel bebas dengan signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil analisis data posttest keterampilan berpikir kritis siswa, diketahui bahwa data posttest keterampilan berpikir kritis siswa terdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya, berdasarkan hasil Uji-t satu pihak untuk sampel bebas dengan signifikansi 0,05 didapatkan bahwa nilai thitung (4,691) > ttabel(α) (1,670), dengan rerata nilai posttest keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen (83,53) lebih tinggi daripada kelas kontrol (77,56). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing dengan lembar kerja siswa berbasis TEQ lebih tinggi daripada keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75904

Actions (login required)

View Item View Item