Analisis kemampuan mahasiswa calon guru fisika peserta Kajian Praktek Lapangan (KPL) semester gasal tahun akademik 2019/2020 Universitas Negeri Malang dalam mengembangkan apersepsi / Raka Bimantara

Bimantara, Raka (2020) Analisis kemampuan mahasiswa calon guru fisika peserta Kajian Praktek Lapangan (KPL) semester gasal tahun akademik 2019/2020 Universitas Negeri Malang dalam mengembangkan apersepsi / Raka Bimantara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bimantara Raka. 2016. Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Fisika Peserta Kajian Praktik Lapangan (KPL) Tahun Akademik 2019/2020 dalam Mengembangkan Apersepsi. Skripsi. Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sugiyanto, S.Pd, M.Si., (II) Dr. Endang Purwaningsih, M.Si. Kata Kunci: Apersepsi, Pembelajaran Fisika, Lesson Study Apersepsi adalah kegiatan di awal pelajaran yang perlu dilakukan untuk memberikan dasar awal peserta didik dari pengalaman peserta didik untuk mempelajari materi yang baru, dengan demikian maka apersepsi dapat memberikan kemudahan peserta didik dalam belajar. Faktanya banyak calon guru yang tidak melaksanakan apersepsi pada setiap pembelajaran yang dilakukan. Penlitian ini bertujuatan untuk mengetahui kemapuan calon guru fisika peserta KPL dalam mengembangkan apersepsi yang ditinjau dari tiga aspek, yaitu kemampuan merencanakan kegiatan apersepsi, kemampuan melaksanakan apersepsi, dan kemampuan merefleksi kegiatan apersepsi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-postfacto dan dengan pendekatan deskriptif-kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah 100% dari mahasiswa calon guru fisika peserta KPL, dengan sampel 7,8% dari populasi. Alur penelitian ini diawali dengan pengumpulan produk apersepsi dalam RPP, video, dan lembar refleksi LS oleh responden. Lalu menilai produk RPP, video dan lembar refleksi LS yang dibantu oleh tim penilai. Dilanjutkan wawancara terstruktur dengan responden. Diakhiri dengan analisis untuk menentukan skor rata-rata kemempuan mahasiswa calon guru fisika peserta KPL dalam mengembangkan apersepsi dari aspek merencanakan, melaksanakan, dan merefleksi kegiatan apersepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa fisika peserta kajian praktik lapangan (KPL) tahun akademik 2019/2020 dalam kategori baik (71%). Dengan rata-rata skor untuk tiap aspek adalah, 64% untuk aspek merencanakan kegiatan apersepsi dalam kategori baik, 76% untuk aspek melaksanakan apersepsi dalam kategori sangat baik, dan 74% untuk aspek merefleksi kegiatan apersepsi dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75903

Actions (login required)

View Item View Item