Pengaruh model Argument Driven Inquiry (ADI) dengan tinjauan empiris dan teoritis terhadap kemampuan argumentasi peserta didik SMA kelas XI pada materi fluida statis / Iva Datun Nikmah

Nikmah, Iva Datun (2020) Pengaruh model Argument Driven Inquiry (ADI) dengan tinjauan empiris dan teoritis terhadap kemampuan argumentasi peserta didik SMA kelas XI pada materi fluida statis / Iva Datun Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nikmah, Iva, Datun. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry dengan Tinjauan Empiris dan Teoritis Terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik SMA Kelas XI Pada Materi Fluida Statis. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi, M.Pd, Pembimbing (II) Sulur, S.Pd., M.Si., MTD. Kata Kunci: Model pembelajaran, Kemampuan Argumentasi, Fluida Statis. Pembelajaran ADI dengan tinjauan empiris dan teoritis merupakan model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan argumentasi peserta didik pada tahapan pembelajarannya, khususnya pada tahap produksi argumen tentatif dan sesi argumentasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ADI dengan tinjauan empiris dan teoritis terhadap kemampuan argumentasi peserta didik kelas XI pada materi fluida statis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Variabel pada penelitian ini terdiri dari: variabel X dan variabel Y. Variabel X (variabel bebas) yaitu model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) dengan tinjauan empiris dan teoritis sedangkan variabel Y (variabel terikat) yaitu kemampuan argumentasi peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling claster. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan argumentasi dan lembar observasi kegiatan guru dan peserta didik. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik dengan menggunakan bantuan MS. Excel dan SPSS 16.0. Hasil penelitian ini yaitu (1) berdasarkan hasil uji t pada taraf signifikan α = 0,05 didapatkan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 6,505 > 1,668 artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) dengan tinjauan empiris dan teoritis terhadap kemampuan argumentasi peserta didik. Dimana nilai rata-rata kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model ADI dengan tinjauan empiris dan teoritis lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran inquiry terstruktur. (2) Kemampuan argumentasi pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu berbeda dimana indikator kemampuan argumentasi yang paling kuat yaitu dukungan dengan persentase 71,78 % dan indikator kemampuan argumentasi yang paling lemah adalah sanggahan dengan persentase 67,14%. Sedangkan pada kelas kontrol indikator kemampuan argumentasi yang paling kuat yaitu klaim dengan persentase 55,95% dan indikator kemampuan argumentasi yang paling lemah yaitu dukungan dengan persentase 43,21%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75902

Actions (login required)

View Item View Item