Pengembangan e-book "Play, Learn & Adventure" berbasis android untuk siswa kelas XII SMA/MA melalui pendekatan saintifik pokok bahasan listrik dinamis / Elvina Tri Wulandari

Wulandari, Elvina Tri (2020) Pengembangan e-book "Play, Learn & Adventure" berbasis android untuk siswa kelas XII SMA/MA melalui pendekatan saintifik pokok bahasan listrik dinamis / Elvina Tri Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wulandari, Elvina Tri.2019.Pengembangan E-Book “Play, Learn & Adventure” Berbasis Android Untuk Siswa Kelas XII SMA/MA Melalui Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Listrik Dinamis.Skripsi.Jurusan Fisika.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Sulur, S.Pd., M.Si., M.T.D., (II) Nugroho Adi Pramono, S.Si., M.Sc., Kata Kunci: e-book“Play, Learn & Adventure”, android, listrik dinamis Kurikulum 2013 membuka peluang pembelajaran yang berintegrasi dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk mampu mengembangkan keterampilan pemanfaatan teknologi dalam membuat media pembelajaran yang representatif sebagai media penunjang proses pembelajaran. Karena dengan adanya pemanfaatan ICT dalam suatu pembelajaran diharapkan mampu menciptakan suatu pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif serta menyenangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 71.42 % siswa mengalami kesulitan pada sub pokok bahasan Hukum Kirchoff, sedangkan untuk subbab Hukum Ohm adalah 58.03 %. Adanya minat dan motivasi belajar peserta didik yang masih kurang, serta kurangnya variasi media dan metode pembelajaran, menjadi faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti berminat untuk mengembangkan e-book berbasis Play, Learn & Adventure berbasis android melalui pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang menekankan pada aktivitas siswa melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan . Pembelajaran melalui pendekatan saintifik dinilai sangat tepat digunakan dalam pembelajaran fisika, karena mampu meningkatkan kualitas siswa yaitu dengan mengembangkan unsur sikap dan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan e-book berbasis Play, Learn & Adventure berbasis android melalui pendekatan saintifik pokok bahasan listrik dinamis. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan model pengembangan ADDIE. Tahapan penelitian yaitu, (1) analyze, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi dan uji keterbacaan e-book berbasis Play, Learn & Adventure berbasis android melalui pendekatan saintifik pokok bahasan listrik dinamis dikategorikan sangat valid. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa e-book berbasis Play, Learn & Adventure berbasis android melalui pendekatan saintifik pokok bahasan listrik dinamis yang dikembangkan memperoleh persentase 92,64%. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pengembangan, dapat disampaikan bahwa bahan ajar Play, Learn & Adventure berbasis android melalui pendekatan saintifik pokok bahasan listrik dinamis dapat digunakan siswa baik belajar secara mandiri maupun pembelajaran di kelas serta dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep melalui kegiatan belajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum saat ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75901

Actions (login required)

View Item View Item