Pengembangan multimedia interaktif berbasis mobile learning pokok bahasan Perkembangan Teori Atom mata pelajaran Kimia kelas X IPA SMA Panjura Malang / Merra Rorita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif berbasis mobile learning pokok bahasan Perkembangan Teori Atom mata pelajaran Kimia kelas X IPA SMA Panjura Malang / Merra Rorita

Rorita, Merra (2018) Pengembangan multimedia interaktif berbasis mobile learning pokok bahasan Perkembangan Teori Atom mata pelajaran Kimia kelas X IPA SMA Panjura Malang / Merra Rorita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rorita Merra. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Mobile Learning Pokok Bahasan Perkembangan Teori Atom Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Panjura Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Saidah Ulfa S.T. M.Edu Ph.D. (II) Dr. Agus Wedi M.Pd. Kata kunci Multimedia Interaktif Mobile Learning Perkembangan Teori Atom. Teknologi dalam dunia pendidikan merupakan alat atau cara yang dimanfaatkan untuk memudahkan kegiatan pembelajaran. Teknologi yang berperan penting dalam kegiatan pembelajaran bisa dilihat dari media pembelajaran yang digunakan siswa sebagai alat bantu pembelajaran. Dengan media pembelajaran ini akan mempermudah penyampaian materi pelajaran. Dengan kemajuan teknologi pada saat ini berpengaruh pula pada media pembelajaran yang juga berkembang yaitu multimedia interaktif dengan pemanfaatan yang menggunakan smartphone. Hal ini memungkinkan untuk digunakan dimanapun dan kapanpun. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan multimedia interaktif berbasis mobile learning pokok bahasan perkembangan teori atom yang tervalidasi dan efektif dalam pembelajaran Kimia kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee dan Owens (2004). Pada model pengembangan ini terdapat beberapa tahap yang dilakukan antara lain (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi. Validasi produk dilakukan terhadap ahli media dan ahli materi. Subjek uji coba adalah siswa kelas X IPA SMA Panjura Malang. Hasil pengembangan multimedia interaktif ini memenuhi kriteria valid dan layak digunakan pada proses pempelajaran ditunjukkan dengan perolehan total persentase ahli media 96 25% ahli materi 87 5% uji coba perseorangan 86 25% uji coba kelompok kecil 86 25% dan uji coba lapangan 89 48%. Berdasarkan data tes hasil belajar dengan KKM 8805 70 terdapat 18 siswa yang mengalami ketuntasan. Keseluruhan siswa ada 18 sehingga dapat dipersentasekan bahwa 100% siswa mengalami ketuntasan. Multimedia interaktif berbasis mobile learning ini dikategorikan efektif untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item View Item