Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan animasi terhadap penguasaan konsep suhu dan kalor siswa kelas XI SMA laboratorium UM Malang / Handy Faishal Rahim

Rahim, Handy Faishal (2020) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan animasi terhadap penguasaan konsep suhu dan kalor siswa kelas XI SMA laboratorium UM Malang / Handy Faishal Rahim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rahim, Handy Faishal. 2019. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Animasi Terhadap Penguasaan Konsep Suhu dan Kalor Siswa Kelas XI SMA Laboratorium UM Malang. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Agus Suyudi, M.Pd., (II) Drs. Dwi Haryoto, M.Pd. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Animasi, Penguasaan Konsep Fisika. Pembelajaran fisika bertujuan untuk penguasaan konsep. Berdasarkan penelitian terdahulu, rata–rata miskonsepsi siswa pada tiap sub bab suhu dan kalor yaitu sebesar 94,67%. Adapun tujuan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing berbantuan animasi terhadap penguasaan konsep suhu dan kalor siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian Pretest–Posttest Control Group Design. Populasi adalah siswa kelas XI MIPA SMA Laboratorium UM semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang ditetapkan dengan teknik Cluster Random Sampling. Penguasaan konsep siswa diukur dengan instrumen tes berupa tes penguasaan konsep berbentuk uraian. Tes tersebut disusun berdasarkan taksonomi bloom yaitu C1 sampai dengan C5. Data pretest dan posttest penguasaan konsep yang diperoleh dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis penelitian yang menggunakan uji t satu pihak dengan taraf signifikansi 0,05. Data posttest penguasaan konsep siswa, diketahui berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung (6,683) > ttabel (1,669) pada taraf signifikansi 0,05, dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Ditinjau dari rerata nilai posttest untuk kelas eksperimen (93,34) lebih tinggi daripada rerata kelas kontrol (85,97). Oleh karena itu, penguasaan konsep siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing berbantuan lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75899

Actions (login required)

View Item View Item