Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi berbantuan Swish Max pada materi elastisitas dan hukum Hooke / Wandi Anwas

Anwas, Wandi (2020) Pengembangan media pembelajaran berbasis animasi berbantuan Swish Max pada materi elastisitas dan hukum Hooke / Wandi Anwas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anwas, Wandi. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Berbantuan SWiSH Max Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Winarto, M.Pd., (II) Drs. Dwi Haryoto, M.Pd. Kata Kunci : media pembelajaran, animasi, elastisitas dan hukum hooke Mata pelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang harus ditempuh peserta didik utamanya jenjang SMA Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Berdasarkan pengamatan dan wawancara singkat kepada beberapa peserta didik jenjang SMA dihasilkan data bahwa peserta didik masih sulit memahami materi fisika dengan sumber belajar buku. Kesulitan memahami fisika dimulai dengan ketidaktertarikannya kepada materi fisika. Sehingga materi fisika perlu dikemas ke dalam bentuk yang mampu menarik perhatian mereka seperti animasi, gambar, dll. Oleh karenanya, dikembangkanlah sebuah multimedia dalam bentuk animasi pada salah satu materi fisika, yakni elastisitas dan hukum hooke. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan multimedia pembelajaran pada materi elastisitas dan hukum hooke dengan pendekatan saintifik. Pemilihan pendekatan saintifik didasarkan pada kurikulum 2013 menekankan pada peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan Penelitian ini dilakukan menggunakan model 4d yaitu (define) pendefinisian, (design) perancangan, (development) pengembangan produk, dan (disseminate) penyebarluasam produk. Pengujian produk dilakukan kepada 22 responden siswa kelas XI IPA 2 SMA Nasional . Data yang diperoleh dari uji coba keterbacaan adalah data kuantitatif dan data kualitatif melalui penyebaran angket. Data kuantitatif diolah menggunakan perhitungan persentase dan tabel kriteria kelayakan, sedangkan data kualitatif diolah menggunakan model Miles & Huberman. Sebelum diujicobakan kepada responden, produk telah diuji kevalidannya terlebih dahulu oleh ahli media dan ahli materi. Media dikembangkan menggunakan software SwishMax dengan format akhir swf. Di dalamnya memuat KI, KD, materi, soal evaluasi dan artikel singkat. Paket media dikemas dalam sebuah CD atau Flashdisk dan dapat diunduh secara gratis di google drive. Satu paket terdiri dari file media, aplikasi flashplayer dan buku panduan. Berdasarkan uji coba keterbacaan pada aspek media, materi, dan soal evaluasi dihasilkan data sebagai berikut. Pada aspek media diperoleh nilai sebesar 92,53% dengan kriteria sangat valid, aspek materi diperoleh nilai sebesar 90,75% dengan kriteria sangat valid, dan aspek soal evaluasi diperoleh nilai sebesar 78,41% dengan kriteria valid. Sehingga diperoleh hasil rata-rata sebesar 87,23% dengan kriteria sangat valid. Hasil ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan secara umum telah layak untuk dipergunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75898

Actions (login required)

View Item View Item