Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis web pada materi fluida statis untuk SMA / Nova Priyana Lestari

Lestari, Nova Priyana (2020) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis web pada materi fluida statis untuk SMA / Nova Priyana Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lestari, Nova Priyana. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Fluida Statis untuk SMA. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sutopo, M.Si., (II) Nugroho Adi Pramono, S.Si, M.Sc. Kata Kunci: pembelajaran, penilaian formatif, fluida statis, web, penguasaan konsep Fluida statis merupakan salah satu materi fisika yang penerapannya dalam kehidupan sehari-hari mudah untuk ditemukan. Oleh karena itu, seharusnya siswa akan lebih mudah dalam menguasai konsep-konsep pada materi fluida statis. Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dan mengalami miskonsepsi dalam memahami konsep fluida statis. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalan terkait penguasaan konsep tersebut selain menggunakan model pembelajaran yang tepat juga harus menerapkan media penilaian formatif berbasis web yang disertai balikan dengan cepat dan pelaksanaanya secara efektif atau biasanya dikenal dengan pembelajaran berbasis web. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis web dan mengetahui efektifitas penguasaan konsep siswa dengan mengimplementasikan produk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan langkah dari model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pagak dengan subjek kelas XI MIPA 1, 2, dan 3 dengan jumlah 74 siswa. Data dari penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil expert judgement validator dan siswa melalui angket dengan skala likert serta hasil pretest dan posttest. Data kualitatif diperoleh melalui expert judgement validator dan siswa berdasarkan komentar dan saran serta observasi kegiatan selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk perangkat penilaian formatif berbasis web termasuk kategori “layak” yang memiliki rata-rata sebesar 3,75 berdasarkan expert judgement validator pada keseluruhan aspek baik aspek isi dan fitur tampilan. Berdasarkan expert judgement siswa nilai rata-rata minat siswa dalam menggunakan produk sebesar 2,98 termasuk “cukup tinggi” dan rata-rata respon siswa terhadap ketersesuaian produk sebesar 3,02 termasuk “cukup sesuai” untuk penilaian formatif. Skor rata-rata penguasaan konsep siswa saat pretest sebesar 32,63 (SD = 12,3) dan saat posttest sebesar 71,5 (SD = 15,8). Peningkatan skor pretest ke posttest dihitung menggunakan nilai d-effect size untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan produk atau keefektifan dalam pembelajaran terhadap penguasaan konsep siswa. Didapatkan hasil d-effect size sebesar 2,76 yang termasuk dalam kategori “lebih besar sekali dari standar”. Untuk mendeskripsikan seberapa kuat peningkatan penguasaan konsep siswa berdasarkan skor pretest dan posttest dilakukan perhitungan rata-rata gain ternormalisasi (N-gain). Diperoleh N-gain sebesar 0,56 dengan kriteria “medium atas”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah produk Perangkat Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Fluida Statis untuk SMA layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas XI MIPA 1, 2, dan 3 SMA Negeri 1 Pagak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75897

Actions (login required)

View Item View Item