Inovasi media pembelajaran ticker timer terintegrasi dalam menunjang pembelajaran fisika untuk materi gerak lurus di SMA / Muhammad Ibnu Shodiqin

Shodiqin, Muhammad Ibnu (2020) Inovasi media pembelajaran ticker timer terintegrasi dalam menunjang pembelajaran fisika untuk materi gerak lurus di SMA / Muhammad Ibnu Shodiqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Shodiqin, Muhammad Ibnu. 2019. Inovasi Media Pembelajaran Ticker Timer Terintegrasi Dalam Menunjang Pembelajaran Fisika Untuk Materi Gerak Lurus Di SMA. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Edi Supriana, M.Si., (II) Sulur, S.Pd., M.Si., M.T.D. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ticker Timer Terintegrasi, Gerak Lurus. Kurikulum 2013 menekankan pada proses pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik (student centered active learning) dimana peserta didik memperoleh pengetahuannya sendiri. Pengetahun siswa dapat diperoleh dengan melakukan percobaan. Gerak lurus merupakan materi yang mendasar bagi siswa untuk mempelajari materi selanjutnya, namun masih banyak siswa yang belum menguasai konsep dari gerak lurus. Siswa yang belum menguasai konsep dimungkinkan belum memperoleh pengetahuannya sendiri dikarenakan tidak melakukan percobaan. Hasil wawancara mahasiswa KPL S1 Pendidikan Fisika di SMA Kabupaten Malang dan Kota Malang bahwa percobaan gerak lurus menggunakan set alat ticker timer dan power supply yang terpisah, sehingga guru dan siswa harus merangkai terlebih dahulu yang mengakibatkan waktu percobaan lebih lama. Penelitian ini menginovasi ticker timer dengan mengintegrasikan transformator sehingga diharapkan dapat membantu siswa maupun guru dalam melakukan percobaan gerak lurus.Tujuan dalam penelitian ini yaitu menghasilkan ticker timer terintegrasi dalam menunjang pembelajaran fisika untuk materi gerak lurus di SMA, dan mengetahui kelayakan ticker timer terintegrasi dalam menunjang pembelajaran fisika untuk materi gerak lurus di SMA Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian dan Pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: analysis, design, development, implementation, evaluation. Data dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Data dalam kuantitatif terdiri dari data uji laboratorium, data validasi, dan data uji coba ke siswa (kepraktisan). Data kualitatif didapat dari saran yang diberikan oleh validator dan subjek uji coba. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis rata-rata dan teknik analisis persentase. Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa media Ticker Timer Terintegrasi memiliki daya input Pi = 10,52 W, daya output Po = 7,34 W, frekuensi f = 49,02 Hz, dan keajekan K = 17,71. Hasil dari validasi oleh validator menunjukkan bahwa media Ticker Timer Terintegrasi sangat valid. Hasil dari uji coba ke siswa menunjukkan bahwa media Ticker Timer Terintegrasi terkategori kepraktisan sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan Ticker Timer Terintegrasi yang sangat layak digunakan dalam pembelajaran fisika untuk materi gerak lurus di SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75896

Actions (login required)

View Item View Item