Pengembangan moodle perangkat pembelajaran fisika berbasis siklus belajar 5E pokok bahasan gerak harmonik sederhana untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X / Gloria Agung Magdhalena Agnes

Agnes, Gloria Agung Magdhalena (2020) Pengembangan moodle perangkat pembelajaran fisika berbasis siklus belajar 5E pokok bahasan gerak harmonik sederhana untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X / Gloria Agung Magdhalena Agnes. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Agnes, Gloria.2019. Pengembangan Moodle Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Siklus Belajar 5E Pokok Bahasan Gerak Harmonik Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X.Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Purbo Suwasono, M.Si., (II) Nugroho Adi Pramono, S.Si, M.Sc. Kata Kunci: Moodle, Siklus Belajar 5E, Gerak Harmonik Sederhana Fisika adalah ilmu pengetahuan alam yang berkaitan erat dengan aktifitas mencari tahu mengenai fenomena alam, yang dilakukan secara sistematis dan teratur. Oleh karena itu seharusnya pembelajaran yang dilakukan adalah berpusat pada peserta didik. Namun masih banyak guru yang menerapkan pembelajaran yang berpusat pada guru, belum berpusat pada peserta didik. Kemajuan teknologi masa kini seharusnya mampu dimanfaatkan para pendidik untuk menikatkan mutu pendidikan. Ditambah lagi dengan adanya generasi Z sebagai peserta didik. Generasi ini adalah generasi yang memiliki ketertarikan dan ketergantungan sangat besar terhadap teknologi. Mereka akan lebih nyaman belajar menggunakan gadget dari pada dengan buku cetak. Maka salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan mengembangkan media belajar online dengan menggunakan moodle. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan dan menguji kelayakan Moodle perangakat pembelajaran fisika berbasis siklus belajar 5E pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana. Produk yang dikembangkan yaitu berupa web-site yang dapat diakses melalui handphone, tablet, laptop maupun komputer. Dalam moodle ini terdapat tahapan sesuai dengan sintaks siklus belajar 5E yaitu Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, dan Evaluation. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define),tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap peyebaran (Disseminate). Media yang dikembangkan melalui tahap validasi ahli yang meliputi ahli media dan ahli materi, serta diuji cobakan secara terbatas. Data yang diperoleh dari hasil validasi maupun uji coba terbatas adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil validasi dan uji coba terbatas menyatakan bahwa moodle perangkat pembelajaran ini dikategorikan sangat valid. Hasil validasi dari segi media mencapai skor rata – rata 4,6 dari skala 0 - 5. Hasil validasi dari segi materi mencapai skor rata – rata 4,5 dari skala 0 – 5. Sedangkan dari uji coba terbatas, media ini mendapat skor rata – rata 4,6 dari skala 0 – 5. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa moodle perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dan bisa diuji coba secara luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75895

Actions (login required)

View Item View Item