Pengembangan bahan ajar dengan model Project Based Learning - STEM (PjBL - STEM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA materi gerak melingkar beraturan / Rahma Widya Kusumaningrum

Kusumaningrum, Rahma Widya (2020) Pengembangan bahan ajar dengan model Project Based Learning - STEM (PjBL - STEM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA materi gerak melingkar beraturan / Rahma Widya Kusumaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Kusumaningrum, Rahma Widya. 2019. Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Project Based Learning – STEM (PjBL – STEM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Materi Gerak Melingkar Beraturan. Skripsi. Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endang Purwaningsih, M.Si (II) Nugroho Adi Pramono, S.Si, M.Sc Kata kunci: Bahan Ajar, PjBL – STEM, Kemampuan Berpikir Kreatif Pada era revolusi industri 4.0 teknologi dan media digital merupakan sarana utama di berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam aspek pendidikan. Pada aspek pendidikan, metode pembelajaran yang berkembang adalah paperless. Satu tujuan pembelajaran adalah mampu menjadikan siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif yang baik dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di lingkungan sekitar. Namun pada kenyataannya kemampuan berpikir kreatif siswa belum termasuk kategori baik. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai hasil penelitian sebelumnya yang memperoleh hasil kemampuan berpikir kreatif siswa pada pelajaran fisika berada pada kategori rendah. Maka dari itu, untuk mengoptimalkan proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, hendaknya perlu dilakukan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa, karakteristik siswa, dan sesuai perkembangan teknologi di era digital. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar dengan model pembelajaran Project Based Learning - Science, Technology, Engineering and Mathematics (PjBL – STEM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, mengetahui tingkat kelayakan produk, mengetahui tingkat kepraktisan produk, dan mengetahui tingkat keefektifan produk. Penyusunan bahan ajar mengikuti sintaks dari PjBL – STEM yaitu reflection, research, discovery, application, dan communication. Bahan ajar yang dikembangkan dapat diakses online menggunakan laptop dan smartphone, baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Pengembangan bahan ajar menggunakan desain penelitian ADDIE. Desain penelitian ADDIE terdiri dari 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian dan pengembangan yang diperoleh berupa hasil uji kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahan ajar yang memiliki kategori kelayakan sangat layak, kategori kepraktisan sangat baik, dan kategori keefektifan sedang. Hasil analisis soal pretest/postest yang digunakandapat dinyatakan keempat soal yang diujikan valid, tingkat kesukaran mudah, daya pembeda yang baik pada soal 1 dan soal 2, 3,dan 4 termasuk dalam kategori cukup, dan memiliki reliabilitas yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75894

Actions (login required)

View Item View Item