Pengembangan buku elektronik berbasis android dengan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk membantu siswa SMA menganalisis besaran pada materi gerak lurus / Wahyudha Tri Setiyoaji

Setiyoaji, Wahyudha Tri (2020) Pengembangan buku elektronik berbasis android dengan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk membantu siswa SMA menganalisis besaran pada materi gerak lurus / Wahyudha Tri Setiyoaji. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Setiyoaji, Wahyudha Tri. 2019. Pengembangan Buku Elektronik Berbasis Android Dengan Soal High Order Thinking Skills Untuk Membantu Siswa Menganalisis Besaran Pada Materi Gerak Lurus. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Edi Supriana, M.Si., (II) Drs. Yoyok Adisetio Laksono, M.Si. Kata Kunci: Buku Elektronik, High Order Thinking Skills (HOTS), Gerak Lurus Dalam menyelesaikan permasalahan gerak lurus siswa membutuhkan pemahaman konsep dan menganalisis butir soal. Akan tetapi pada praktiknya siswa masih mengalami kesulitan dalam Pemecahan masalah dan menganalisis grafik pada materi gerak lurus. Kesulitan – kesulitan yang dialami siswa dapat diatasi dengan menggunakan media yang mampu membantu siswa dalam menganalisis besaran pada gerak lurus. Salah satunya yaitu dengan menggunakan buku elektronik atau e-book. Selain media yang menunjang dibutuhkan jenis kemampuan yang dapat menganalisis besaran gerak lurus ialah dengan menggunakan soal High Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku elektronik yang dapat dioperasikan pada perangkat android. Sehingga teknologi yang berkembang dapat dimaksimalkan dengan pembelajaran. Buku Elektronik yang dikembangkan melalui beberapa tahap validasi yakni validasi oleh ahli materi dan ahli media serta diuji coba pada peserta didik kelas X SMA. Model pengembangan Buku Elektronik fisika ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation). Jenis data kualitatif dan kuantitatif. Desain uji coba yang digunakan dalam pengembangan Buku Elektronik ini adalah eksperimental. Teknik pengumpulan data dalam pengembangan ini menggunakan angket. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif persentase, sedangkan data kualitatif berupa kritik dan saran dapat langsung ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data validasi oleh ahli dan uji coba terbatas dapat disimpulkan bahwa Buku Elektronik yang dikembangkan layak berdasarkan hasil validasi ahli materi mendapat nilai rata – rata sebesar 3,95 dalam kategori valid dan tidak perlu revisi, begitu juga dengan hasil berdasarkan ahli media mendapat nilai rata – rata sebesar 3,91 dalam kategori valid dan tidak perlu revisi. Dari hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Buku Elektronik elektronik berbasis android dengan soal high order thinking skills untuk membantu siswa menganalisis besaran pada materi gerak lurus ini layak digunakan dalam pembelajaran maupun belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75893

Actions (login required)

View Item View Item