Pengembangan e-book fisika berbasis multi representasi dengan corrective feedback untuk membantu siswa menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus kelas X SMA/MA / Dwi Kurnia Wati

Wati, Dwi Kurnia (2020) Pengembangan e-book fisika berbasis multi representasi dengan corrective feedback untuk membantu siswa menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus kelas X SMA/MA / Dwi Kurnia Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wati, Dwi Kurnia. 2019. Pengembangan E-Book Fisika Berbasis Multi Representasi dengan Corrective Feedback untuk Membantu Siswa Menganalisis Besaran – Besaran Fisis pada Gerak Lurus Kelas X SMA/MA. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Edi Supriana, M.Si., (II) Sulur, S.Pd., M.Si., M.T.D. Kata kunci : e-book, multi representasi, corrective feedback, gerak lurus Siswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari materi gerak lurus sehingga pemahaman konsep siswa menjadi rendah. Penyajian konsep dalam berbagai bentuk representasi dapat membantu siswa memahami konsep, apabila siswa gagal membangun pemahaman melalui salah satu bentuk representasi maka siswa dapat menggunakan bentuk representasi lainnya. Selain penggunaan multi representasi dalam proses pembelajaran, pemberian corrective feedback juga dapat memperdalam pemahaman siswa karena siswa dapat mengetahui letak kesalahannya. Penyampaian materi dalam proses pembelajaran umumnya dibantu dengan adanya bahan ajar namun beberapa bukti menunjukan bahwa di dalam buku yang dipelajari siswa terdapat kesalahan penjelasan konsep. Seiring berkembangnya teknologi, bahan ajar juga semakin berkembang salah satunya adalah e-book berbasis web yang dapat diakses melalui smartphone, computer, dan laptop. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan e-book fisika berbasis multi representasi dengan corrective feedback untuk membantu siswa menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus kelas X SMA. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model four-D (4D). Model penelitian dan pengembangan ini memiliki 4 tahapan, yaitu (1) Define; (2) Design; (3) Develop; (4) Disseminate. Tahapan dilaksanakan hanya 3 tahap, karena penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kelayakan produk. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis rata-rata untuk uji validasi ahli dan teknik analisis persentase untuk uji kepraktisan. Produk yang telah dikembangkan adalah e-book fisika berbasis multi representasi dengan corrective feedback untuk membantu siswa menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus kelas X SMA. E-book yang dihasilkan merupakan aplikasi berbasis web yang dapat diakses secara online melalui smartphone, computer, dan laptop. Hasil penelitian menyatakan hasil validasi materi diperoleh nilai sebesar 3,90 valid tanpa revisi, hasil validasi media oleh validator mendapatkan nilai rata-rata 3,86 dengan kategori valid tanpa revisi dan hasil uji kepraktisan produk menunjukkan 97,3%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa e-book fisika berbasis multi representasi dengan corrective feedback telah berhasil dikembangkan dan layak untuk digunakan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75891

Actions (login required)

View Item View Item