Efektivitas media ticker timer terintegrasi pada pembelajaran berbasis inkuiri pada materi gerak lurus beraturan dan berubah beraturan / Denta Mega Swarnaning Pratiwi

Pratiwi, Denta Mega Swarnaning (2020) Efektivitas media ticker timer terintegrasi pada pembelajaran berbasis inkuiri pada materi gerak lurus beraturan dan berubah beraturan / Denta Mega Swarnaning Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratiwi, Mega Swarnaning, Denta. 2019. Efektivitas Media Ticker Timer Terintegrasi Pada Pembelajaran Berbasis Inkuiri pada Materi GLB dan GLBB. Skripsi, Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Edi Supriana, M.Si., (2) Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si Kata Kunci: Ticker Timer Terintegrasi, Pembelajaran Inkuiri, Efektivitas Dalam pembelajaran yang dapat membantu kegiatan pembelajaran adalah model pembelajaran yang tepat. Menurut Permendikbud No. 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah dalam Lampiran III dengan adanya tuntukan kurikulum 2013 serta tujuan dari pembelajaran fisika model pembelajaran yang cocok di terapkan dalam SMA adalah model pembelajaran inkuiri dimana sudah memuat 5M. Dengan demikian pembelajaran yang cocok pada pembelajaran adalah model inkuiri. Pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri tidak terlepas dari kegiatan praktikum dengan menggunakan media alat peraga. Namun banyak pendidik yang tidak melaksanakan kegiatan praktikum dikarenakan media alat praktikum yang terlalu rumit dan sulit untuk dioperasinalkan. Dengan demikian pada penelitian ini menggunakan media alat ticker timer terintegrasi dalam pembelajaran berbasis inkuiri. tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan media ticker timer terintegrasi dalam pembelajaran inkuiri pada materi GLB dan GLBB. Pada rancangan penelitian ini dilakukan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Rancangan penelitian ini menggunakan satu kelompok subjek. Pada awal penelitian dilakukan sebuah pretest, setelah diberikan pretest kemudian diberi sebuah perlakuan untuk jangka waktu tertentu, setelah diberikan perlakuan terhadap satu kelompok tersebut maka selanjutnya dalah dilakukannya sebuah posttest dengan instrument soal yang sama. Berdasarkan hasil Gain Score untuk melihat keefektifan media ticker timer terintegrasi diperoleh 0.63 dan diperkuat dengan hasil analisis uji effect size yang diperoleh hasil sebesar 4.4. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media ticker timer terintegrasi efektif digunakan pada pembelajaran berbasis inkuiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75890

Actions (login required)

View Item View Item