Pengembangan m-learning physics for fun berbasis android pada materi listrik statis untuk siswa SMA/MA / Nunung Intan Sari

Sari, Nunung Intan (2020) Pengembangan m-learning physics for fun berbasis android pada materi listrik statis untuk siswa SMA/MA / Nunung Intan Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Sari, Nunung Intan. 2019. Pengembangan M-Learning Physics For Fun Berbasis Android Materi Listrik Statis Untuk Siswa SMA/MA. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Sulur, S.Pd, M.Si, M.T.D., (II) Nugroho Adi Pramono, S.Si, M.Sc. Kata Kunci: Media pembelajaran, M-Learning, android, materi listrik statis Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bahwa materi listrik statis tergolong dalam materi yang abstrak, dimana dalam materi ini terdapat fenomena tarik menarik antara potongan kertas kecil dan penggaris yang kemudian dijelaskan menggunakan konsep muatan. Hasil nilai Ujian Nasional juga menunjukkan angka pencapaian materi listrik statis yang tergolong rendah, hal tersebut dipicu karena dalam pembelajaran siswa hanya cenderung menggunakan buku teks saja sebagai sumber belajar. Buku teks hanya menyediakan teks dan gambar. Penyajian yang hanya terbatas pada teks dan gambar membuat siswa kurang memahami konsep-konsep fisika. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan mengemas suatu media pembelajaran yang menarik, praktis, dan menyenangkan dengan memanfaatkan adanya smartphone android, sehingga siswa dapat belajar dimana saja serta kapan saja sesuai keinginan. Media pembelajaran tersebut dikemas dalam tampilan elektronik (M-learning) dan disertai quiz yang langsung membuat siswa terhubung pada laman quizizz.adanya quiz dalam suatu media diharapkan dapat menambah motivasi siswa dalam belajar. Media pembelajaran ini belum banyak digunakan dalam pembelajaran fisika, sehingga perlu untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan M-Learning Pysics For Fun berbasis android materi listrik statis untuk siswa SMA/MA. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan model pengembangan ADDIE, tetapi hanya sampai pada tahap keempat yaitu tahapan Implementasi. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu, (1) Analysis (analisis) ,(2) Design (desain), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik perhitungan nilai rata-rata dan deskriptif kualitatif. Hasil validasi dan uji coba keterbacaan M-Learning Physics For Fun berbasis android materi listrik statis untuk siswa SMA/MA dikategorikan sangat valid. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa M-Learning pysics for fun berbasis android materi listrik statis untuk siswa SMA/MA yang telah dikembangkan memperoleh nilai perhitungan rata-rata 3,70. Hal tersebut menyatakan bahwa M-Learning Pysics For Fun berbasis android termasuk dalam kategori sangat valid (layak) dan dapat digunakan sebagai pendukung siswa dalam belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75889

Actions (login required)

View Item View Item