Pengaruh model PjBL-STEM dengan asesmen formatif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Malang pokok bahasan fluida statis / Devi Ayu Nur'aini

Nur'aini, Devi Ayu (2020) Pengaruh model PjBL-STEM dengan asesmen formatif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Malang pokok bahasan fluida statis / Devi Ayu Nur'aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nur’aini, Devi Ayu. 2019. Pengaruh Model PjBL-STEM dengan Asesmen Formatif terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Malang Pokok Bahasan Fluida Statis. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembimbing: (I) Dr. Parno, M.Si., (II) Dr. Sentot Kusairi, M.Si. Kata Kunci: PjBL-STEM, asesmen formatif, berpikir kritis, fluida statis Keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan pada abad ke-21 adalah komunikasi, kreativitas, pemikirn kritis, dan kemampuan mengelola informasi digital. Keterampilan berpikir kritis siswa SMA sederajat masih berada pada kategori rendah. Pemberian situasi bermasalah dan pembelajaran aktif terintegrasi proyek adalah strategi untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Model PjBL-STEM adalah integrasi yang memenuhi karakteristik tersebut. Selain asesmen sumatif, pemberian asesmen formatif juga mendorong keefektivan model PjBL-STEM dalam melatih keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah apakah terdapat pengaruh positif model PjBL-STEM dengan asesmen formatif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI SMAN 1 Malang pada materi fluida statis. Berdasarkan kajian pustaka, penerapan asesmen formatif dan STEM memberikan dampak positif bagi keterampilan siswa. Hipotesis penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis kelas XI SMAN 1 Malang yang menerapkan model PjBL-STEM dengan asesmen formatif lebih tinggi daripada kelas yang menerapkan model PjBL pada materi fluida statis. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Kelas XI MIPA 4 menerapkan model PjBL-STEM dengan asesmen formatif dan kelas XI MIPA 3 menerapkan model PjBL. Kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kelas eksperimen memiliki karakteristik siswa yang lebih aktif daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model PjBL-STEM dengan asesmen formatif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI di SMAN 1 Malang pada materi fluida statis. Keterampilan berpikir kritis kelas yang menerapkan model PjBL-STEM dengan asesmen formatif lebih tinggi daripada kelas yang menerapkan model PjBL tanpa STEM dan asesmen formatif. Hasil penelitian ini sesuai dengan penelitian-penelitian sebelumnya yang menjelaskan dampak positif penerapan model PjBL-STEM dan asesmen formatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75888

Actions (login required)

View Item View Item