Pengaruh pembelajaran Conceptual Model-Based Problem Solving (COMPS) dengan pendekatan STEM terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi kinematika gerak lurus / Sayyidah Assadillah Almujaddid

Almujaddid, Sayyidah Assadillah (2020) Pengaruh pembelajaran Conceptual Model-Based Problem Solving (COMPS) dengan pendekatan STEM terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi kinematika gerak lurus / Sayyidah Assadillah Almujaddid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Almujaddid, Sayyidah Assadillah. 2019. Pengaruh Pembelajaran Conceptual Model-Based Problem Solving (COMPS) Dengan Pendekatan STEM Terhadap Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Sulur, S,Pd., M.Si., M.T.D., (II) Dr. Parno, M.Si. Kata Kunci : Keterampilan Pemecahan Masalah, COMPS, STEM Keterampilan pemecahan masalah merupakan bagian dari ranah kognitif dan merupakan kompetensi yang harus dicapai oleh siswa. Meskipun keterampilan pemecahan masalah sangat penting untuk dimiliki siswa, beberapa hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi kinematika gerak lurus masih rendah. Menghadapi permasalahan tersebut, perlu diterapkan pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Conceptual Model-Based Problem Solving (COMPS) dengan pendekatan STEM terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi kinematika gerak lurus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment dengan control group pretest – posttest design . Data dalam penelitian ini berupa nilai pretest dan posttest siswa untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah sebelum dan sesudah diberi perlakuan, serta persentase ketercapaian pembelajaran. Dalam menganalisis data, persentase pembelajaran dikelompokan berdasarkan rentang klasifikasinya. Hasil yang didapat menunjukan bahwa persentase ketercapaian pembelajaran pada setiap tahap di kelas eksperimen dan kontrol berkisar pada nilai 90,28 % - 97,22 % dan termasuk dalam kategori sangat baik. Data pretest dan posttest diuji dengan uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), uji kesetaraan keterampilan pemecahan masalah awal, dan uji hipotesis. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan uji Generalized P-Value, uji kesetaraan awal menggunakan uji t’, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji kesetaraan keterampilan awal menunjukan bahwa kedua kelas memiliki keterampilan yang tidak setara, sehingga untuk uji hipotesis, digunakan nilai peningkatan pada kedua kelas. Berdasarkan pada uji hipotesis, diketahui bahwa thitung = 1,830 > ttabel = 1,673, sehingga H0 ditolak dan beralih pada Ha. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran COMPS dengan pendekatan STEM terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi kinematika gerak lurus. Hasil menunjukan bahwa peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa yang belajar dengan pembelajaran COMPS dengan pendekatan STEM lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75887

Actions (login required)

View Item View Item