Pengembangan Mobile Unit Kegiatan Belajar Mandiri (M-UKBM) Gerak Melingkar Beraturan (GMB) berbasis Problem-Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA / Vina Khuswatun Azizah

Azizah, Vina Khuswatun (2020) Pengembangan Mobile Unit Kegiatan Belajar Mandiri (M-UKBM) Gerak Melingkar Beraturan (GMB) berbasis Problem-Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA / Vina Khuswatun Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Azizah, Vina Khuswatun. 2019. Pengembangan Mobile Unit Kegiatan Belajar Mandiri (M-UKBM) Gerak Melingkar Beraturan (GMB) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Endang Purwaningsih, M.Si., (II) Dr. H. Edi Supriana, M. Si. Kata Kunci: M-UKBM GMB, PBL, Kemampuan Pemecahan Masalah Sistem Kredit Semester (SKS) yaitu suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang memfasilitasi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan, minat, bakat dan kecepatan belajarnya. Sistem SKS menuntut seorang guru mampu menyusun dan menyediakan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) untuk memfasilitasi siswa belajar dengan kemampuan yang berbeda-beda. Tetapi, UKBM yang dikembangkan oleh guru selama ini belum mencerminkan paradigma pembelajaran abad 21, belum sesuai dengan yang diharapkan kurikulum 2013. Sehingga solusi untuk permasalahan ini adalah dengan dikembangkannnya UKBM yang lebih sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, mengetahui kepraktisan, dan mengetahui keefektifan M-UKBM Gerak Melingkar Beraturan berbasis PBL terintegrasi resitasi terhadap kemampuan pemecahan masalah. Rancangan penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah : analysis (analisis), design (mendesain), development (mengembangkan), implementation (melaksanakan), evaluation (menilai). Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa Mobile Unit Kegiatan Belajar Mandiri (M-UKBM) Gerak Melingkar Beraturan (GMB) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil penilaian kelayakan M-UKBM memperoleh nilai rata-rata 3,76 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan kepraktisan M-UKBM diperoleh nilai rata-rata keterlaksanaan pembelajaran 96,88% ketegori sangat praktis. Selain itu, M-UKBM dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai rata-rata peningkatan gain-score siswa sebesar 0,46 yang tergolong peningkatan sedang, sehingga dapat dikatakan efektif. Keefektifan M-UKBM juga diperkuat dengan nilai effect size sebesar 3,14 yang berarti keterpengaruhan M-UKBM terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sangat kuat. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini, maka dari itu terdapat beberapa saran untuk pemanfaatan produk dan untuk penelitian selanjutnya diantaranya, mengembangkan UKBM pada kompetensi dasar lain guna melengkapi kebutuhan pembelajaran menggunakan UKBM pada sekolah yang memakai sistem kredit semester, dan menguji coba produk pada kelas eksperimen dan kontrol guna mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pengguna UKBM dan non penggunna UKBM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75886

Actions (login required)

View Item View Item