Pengaruh kombinasi model pembelajaran STAD dan discovery learning terhadap pemahaman konsep siswa pada materi usaha dan energi kelas X SMA Negeri 1 Malang / Ega Ozora Ibanez - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kombinasi model pembelajaran STAD dan discovery learning terhadap pemahaman konsep siswa pada materi usaha dan energi kelas X SMA Negeri 1 Malang / Ega Ozora Ibanez

Ibanez, Ega Ozora (2019) Pengaruh kombinasi model pembelajaran STAD dan discovery learning terhadap pemahaman konsep siswa pada materi usaha dan energi kelas X SMA Negeri 1 Malang / Ega Ozora Ibanez. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ibanez Ega O. 2019. Pengaruh Kombinasi Model Pembelajaran STAD dan Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Usaha dan Energi Kelas X SMA Negeri 1 Malang. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Agus Suyudi M.Pd (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Kombinasi Model Pembelajaran STAD dan Discovery Learning Pemahaman Konsep Usaha dan Energi. Usaha dan energi adalah salah satu materi dasar ilmu fisika. Pada kehidupan sehari-hari usaha dan energi dapat dikatakan memiliki bahasan yang cukup luas sehingga berkemungkinan menyebabkan beberapa siswa sukar memahami konsep usaha dan energi mengingat kemampuan memahami siswa tidaklah sama. Hal ini karena usaha energi perlu adanya pememahaman konsep yang mendalam tentang beberapa prinsip. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya 79% siswa mengalami kegagalan dalam memahami konsep usaha (Ibrahin Rabello 2012) dan ada sebesar 55% dari siswa belum memahami konsep energi (McDermot 1997). Model pembelajaran STAD lebih menekankan siswa untuk membentuk kelompok dan bekerjasama dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi. Model discovery learning dalam prosesnya menggunakan kegiatan dan pengalaman langsung sehingga akan lebih menarik perhatian anak didik dan memungkinkan pembentukan konsep-konsep abstrak yang mempunyai makna serta kegiatannya pun lebih realistis. Oleh karena itu pencetusan kombinasi kedua model pembelajaran ini dapat menjadi salah satu strategi pilihan guru untuk memberi pemahaman lebih kepada siswa mengenai materi usaha dan energi. Rancangan Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kuasi eksperimen Peneliti ingin mendeskripsikan apakah kombinasi model pembelajaran STAD dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih dapat memberikan pemahaman konsep kepada siswa pada materi usaha dan energi siswa SMA kelas X MIA. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kombinasi STAD dan Discovery learning lebih dapat memberikan pemahaman konsep kepada para siswa hal ini dibuktikan melalui siswa dapat menjelaskan mengenai usaha dan energi menggunakan kalimat sendiri pada kolom alasan jawaban soal pilihan ganda beralasan. Selain itu pada analisis uji hipotesis didapatkan nilai signifikansi sebesar 0 000 0 05 maka sesuai dengan hipotesis bahwa penggunaan kombinasi model pembelajaran STAD dan Discovery Learning lebih dapat memberikan pemahaman konsep kepada siswa dari pada pembelajaran yang menggunakan model konvensional dengan metode ceramah plus tugas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75883

Actions (login required)

View Item View Item