Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) berbasis Project Based Learning (PjBL) STEM pada pokok bahasan alat optik sebagai peluang untuk meningkatkan literasi sains / Hajar Ishfahani Budiarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) berbasis Project Based Learning (PjBL) STEM pada pokok bahasan alat optik sebagai peluang untuk meningkatkan literasi sains / Hajar Ishfahani Budiarto

Budiarto, Hajar Ishfahani (2019) Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) berbasis Project Based Learning (PjBL) STEM pada pokok bahasan alat optik sebagai peluang untuk meningkatkan literasi sains / Hajar Ishfahani Budiarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ishfahani B. Hajar. 2019. Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Berbasis Project Based Learning (PjBL) STEM Pada Pokok Bahasan Alat Optik Sebagai Peluang Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Parno M.Si (II) Dr. Endang Purwaningsih Dra M.Si. Kata Kunci UKBM PjBL STEM Literasi Sains Literasi sains merupakan kecakapan hidup yang perlu dimiliki pada abad 21. Peserta didik perlu menguasai literasi sains sebagai kecakapan untuk memahami proses sains dan untuk menerapkan pengetahuan yang tersedia dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu dimensi literasi sains yaitu dimensi kompetensi yang berkaitan dengan keterlibatan proses mental pada saat mencari solusi permasalahan dan mencari jawaban pertanyaan. Literasi sains peserta didik di Indonesia dari tahun 2002 hingga tahun 2015 masih berada pada peringkat 10 besar dari bawah. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya literasi sains peserta didik di Indonesia yaitu pemilihan model pembelajaran dan bahan ajar yang kurang tepat. Kompetensi Dasar (KD) materi Alat Optik Fisika SMA tidak hanya menuntut peserta didik dapat menguasai konsep tetapi juga dapat merancang dan membuat alat optik sederhana. Tuntutan KD ini dapat dicapai dengan pemilihan model dan pendekatan pembelajaran yang tepat. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk bahan ajar berupa Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) berbasis Project Based Learning (PjBL) STEM pada pokok bahasan alat optik sebagai peluang untuk meningkatkan literasi sains. UKBM dikembangkan berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun sesuai model pembelajaran PjBL STEM. Dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan uji kelayakan dan keterbacaan untuk mengetahui tingkat kelayakan UKBM dan RPP serta keterbacaan UKBM. Pengembangan UKBM diawali dengan mengidentifikasi tujuan pembelajaran kemudian melakukan analisis pembelajaran. Dari hasil analisis pembelajaran peneliti menetapkan peningkatan literasi sains sebagai tujuan yang akan dicapai melalui UKBM yang dikembangkan. Tahap berikutnya dilakukan analisis peserta didik dan konteks pembelajaran. Kemudian penyusunan RPP diawali dengan perumusan tujuan pembelajaran pengembangan instrumen penilaian dan pengembangan strategi pembelajaran. Pengembangan UKBM selanjutnya dilakukan pada tahap pengembangan dan pemilihan bahan ajar. Tahap terakhir dari penelitian dan pengembangan ini adalah merancang dan melakukan evaluasi formatif yaitu dilakukan uji kelayakan dan uji keterbacaan produk. Hasil uji kelayakan produk menunjukkan bahwa RPP yang telah dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak dengan persentase kelayakan rata-rata sebesar 99%. Sedangkan untuk UKBM berdasarkan uji kelayakan termasuk dalam kriteria sangat layak dengan persentase kelayakan rata-rata sebesar 95%. Dan dari uji keterbacaan UKBM oleh peserta didik UKBM yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak dengan persentase keterbacaan rata-rata sebesar 97%. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan peneliti terbatas pada uji kelayakan dan uji keterbacaan. Untuk mengetahui kepraktisan produk perlu dilakukan implementasi produk pada pembelajaran sesungguhnya. Dan untuk mengetahui efektifitas produk dalam upaya peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik dengan digunakannya produk yang telah dikembangkan maka perlu dilakukan uji coba produk pada kelas ekperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75881

Actions (login required)

View Item View Item