Pengaruh model pembelajaran argument driven inquiry terhadap kemampuan argumentasi dan penguasaan konsep siswa pada materi impuls dan momentum / Inas Aulia Majid

Majid, Inas Aulia (2019) Pengaruh model pembelajaran argument driven inquiry terhadap kemampuan argumentasi dan penguasaan konsep siswa pada materi impuls dan momentum / Inas Aulia Majid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Majid, Inas Aulia. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap Kemampuan Argumentasi dan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Impuls dan Momentum”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Lia Yuliati, M.Pd (II) Dr. Parno, M.Si Kata Kunci: argument driven inquiry, kemampuan argumentasi, penguasaan konsep siswa, impuls dan momentum Kebanyakan siswa mengalami kesulitan saat memahami materi mekanika, salah satunya impuls dan momentum yang tergolong sebagai materi fisika yang abstrak, sehingga untuk menyelesaikan persoalan materi impuls dan momentum memerlukan keterampilan berpikir yang kompleks yakni dengan mengembangkan literasi saintifik. Maka, untuk membentuk kemampuan literasi saintifik tersebut, terdapat aspek kompetensi yang harus dikembangkan dan dikuasai, antara lain: kompetensi konten yang dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kemampuan penguasaan konsep siswa sedangkan kompetensi komunikasi yang dapat ditingkatkan dengan kemampuan argumentasi siswa. Salah satu model yang dapat meningkatkan kemampuan argumentasi dan penguasaan konsep siswa adalah Argument Driven Inquiry. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Argument Driven Inquiry terhadap kemampuan argumentasi dan penguasaan konsep siswa pada pokok materi impuls momentum. Penelitian ini menggunakan metode quasy experiment dengan pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen belajar dengan model Argument Driven Inquiry dan kelas kontrol belajar dengan model inkuiri terstruktur. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan delapan butir soal uraian yang mencakup tingkat kognitif C2 sampai C5 dan komponen argumentasi klaim, data, bukti dan dukungan. Selanjutnya, kemampuan argumentasi dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif sedangkan penguasaan konsep hanya secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan argumentasi dan penguasaan konsep siswa dengan pembelajaran Argument Driven Inquiry memiliki rata – rata yang lebih tinggi dibandingkan pembelajaran inkuiri terstruktur. Hal ini dikarenakan pembelajaran Argument Driven Inquiry mengedepankan kegiatan berargumentasi sehingga dapat lebih melatihkan kemampuan argumentasi kepada siswa dan memberi siswa kesempatan untuk saling bertukar pikiran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap kemampuan argumentasi dan penguasaan konsep siswa pada materi impuls dan momentum, dimana kemampuan argumentasi dan penguasaan konsep siswa yang belajar dengan menggunakan model Argument Driven Inquiry lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan menggunakan inkuiri terstruktur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75878

Actions (login required)

View Item View Item