Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep materi impuls dan momentum peserta didik kelas X / Rizky Yuwono Joko Priyonggo

Priyonggo, Rizky Yuwono Joko (2019) Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep materi impuls dan momentum peserta didik kelas X / Rizky Yuwono Joko Priyonggo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv RINGKASAN Priyonggo, Rizky Yuwono Joko. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Materi Impuls dan Momentum Peserta Didik Kelas X. Skripsi, Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Haryoto, M.Pd (II) Dr. Endang Purwaningsih, M.Si Kata kunci: Discovery Learning, pemahaman konsep, impuls dan momentum Masalah pendidikan merupakan hal yang paling banyak dibincangkan saat ini, terutama berkaitan dengan mutu pelajaran di sekolah yang masih rendah. Pada tahun 2014 posisi pendidikan Indonesia sangatlah buruk. The Learning Curve Pearson 2014, sebuah lembaga pemeringkatan pendidikan dunia memaparkan bahwa Indonesia menempati peringkat terakhir dalam mutu pendidikan di dunia. Sedangkan di tahun 2015 mutu pendidikan di Indonesia masih saja berada di 10 negara yang memiliki mutu pendidikan yang rendah, peringkat tersebut di dapat dari Global School Ranking (Godwin, 2017). Mutu pelajaran yang masih rendah ini merupakan tantangan bagi para guru untuk mengambil tindakan dalam mengoreksi segala kelemahan yang ada pada dunia pendidikan dan segera memperbaikinya. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif peserta didik adalah model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi impuls dan momentum. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi experiment. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Gondanglegi dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 5 kelas. Penentuan sampel penelitian yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Discovery Learning, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Dilakukan analisis deskriptif dan analisis statistik pada penelitian ini. Analisis deskriptif dilakukan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning. Analisis statistik dilakukan terhadap data pemahaman konsep peserta didik yang dianalisis secara statistik inferensial menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pemahaman konsep peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi dari pemahaman konsep peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75875

Actions (login required)

View Item View Item