Pengaruh integrasi assessment for learning dalam pembelajaran scientific approach terhadap penguasaan konsep materi usaha dan energi / Nur Elisa

Elisa, Nur (2019) Pengaruh integrasi assessment for learning dalam pembelajaran scientific approach terhadap penguasaan konsep materi usaha dan energi / Nur Elisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Elisa, Nur. 2019. Pengaruh Integrasi Assessment for Learning dalam Pembelajaran Scientific Approach terhadap Penguasaan Konsep Materi Usaha dan Energi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sentot Kusairi, M.Si (2) Sulur S.Pd., M.Si., M.T.D. Kata Kunci : Assessment for learning, scientific approach, penguasaan konsep, usaha dan energi Penguasaan konsep fisika merupakan salah satu kompetensi penting dalam pembelajaran fisika. Salah satu materi fisika yang harus dikuasai oleh siswa adalah materi usaha dan energi. Banyak peneliti menemukan bahwa penguasaan konsep siswa pada materi usaha dan energi masih rendah. Upaya untuk mengatasi rendahnya penguasaan konsep pada materi usaha dan energi diantaranya dengan melibatkan siswa untuk belajar secara langsung melalui teknik pembelajaran yang tepat, selain itu diperlukan teknik assessment yang dapat menyelidiki kemampuan siswa dalam memahami konsep usaha dan energi. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran scientific approach (SA) terintegrasi assessment for learning (AfL) berbantuan aplikasi tryout terhadap penguasaan konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen), dengan desain pretest-posttest control group design. Penelitian dilakukan di MAN 1 Kota Malang dengan populasi seluruh siswa X MIPA. Sampel penelitian yaitu X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan AfL berbantuan aplikasi tryout dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol melalui penugasan, masing-masing sampel terdiri dari 34 siswa. Kedua kelas menggunakan RPP yang sama berdasarkan langkah-langkah SA. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling. Instrumen tes berupa soal pilihan ganda berasalasan terdiri dari 20 soal dengan reliabilitas sebesar 0,622. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji shapiro wilk untuk uji normalitas, levene statistic untuk uji homogenitas, dan independent t-test untuk uji kemampuan awal dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, di dukung dari rata-rata nilai posttest kelas eksperimen = 80.00 > kelas kontrol = 61.76, dan diperoleh Sig. (1-tailed) = 0,0175 < 0,05 atau &#119905;&#8462;&#119894;&#119905;&#119906;&#119899;&#119892;=2,154>&#119905;&#119905;&#119886;&#119887;&#119890;&#119897;=1,669. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan AfL berbantuan aplikasi tryout pada kelas eksperimen berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam memahami konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75872

Actions (login required)

View Item View Item