Setyaningsih, Putri Wahyu (2019) Pengembangan multimedia pembelajaran teori relativitas khusus berbantuan swish max 4 dengan scientific approach sebagai bahan ajar mandiri / Putri Wahyu Setyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
v RINGKASAN Setyaningsih Putri Wahyu. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Fisika Berbantuan SWiSH Max 4 dengan Scientific Approach Sebagai Bahan Ajar Mandiri Pada Materi Teori Relativitas Khusus. Skripsi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Winarto M.Pd. (II) Drs. Asim M.Pd. Kata Kunci multimedia pembelajaran scientific approach teori relativitas khusus Pada mata pelajaran fisika jenjang SMA/MA sederajat peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang bersifat abstrak. Hal tersebut diperoleh berdasarkan hasil observasi pada studi pendahuluan yang dilakukan peserta didik kelas XII jurusan MIPA masih sulit memahami materi fisika yang bersifat abstrak dengan sumber belajar buku teks yang diajarkan pada semester pertama. Salah satu materi abstrak yang perlu dipelajari oleh peserta didik tingkat SMA/MA sederajat adalah teori relativitas khusus. Pada kenyataannya materi tersebut sulit untuk dibayangkan dan dianalisis fenomenanya sehingga tidak semua peserta didik dapat memahami materi relativitas dengan baik. Hal ini disebabkan karena diperlukan penalaran tinggi dalam mempelajari materi abstrak ini. Media pembelajaran yang mencakup komponen animasi audio dan teks dinilai dapat meningkatkan pemahaman suatu materi terutama materi yang bersifat abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu multimedia pembelajaran pada materi teori relativitas khusus dengan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dipilih karena kurikulum yang sedang berlaku menuntut peserta didik agar berpikir kreatif sehingga digunakanlah pendekatan saintifik untuk menunjang berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan model Borg Gall yang telah dimodifikasi oleh Sukmadinata menjadi tiga langkah yaitu studi pendahuluan pengembangan produk dan pengujian produk dengan 30 subjek uji coba keterbacaan. Pada uji coba keterbacaan diperoleh dua data yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diolah menggunakan perhitungan persentase dan tabel kriteria kelayakan sedangkan data kualitatif akan diolah menggunakan model Miles Huberman. Sebelum diujicobakan kepada subjek produk diuji kevalidannya terlebih dahulu dan diperoleh hasil bahwa dari segi media dan materi produk sudah valid. Hasil uji coba keterbacaan yang telah dilakukan meliputi aspek media aspek materi dan aspek soal evaluasi. Aspek media diperoleh nilai sebesar 89 90% dengan kriteria valid aspek materi diperoleh nilai sebesar 85 83% dengan kriteria valid dan aspek soal evaluasi diperoleh nilai sebesar 81 11% dengan kriteria cukup valid. Secara umum diperoleh hasil sebesar 85 61% dengan kriteria valid sehingga produk yang dikembangkan secara umum telah layak untuk dipergunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 May 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/75860 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |