Pengembangan multimedia mobile learning pada mata pelajaran Simulasi dan Komukasi Digital kelas X SMK Negeri 13 Malang / Renny Setya Indahini

Indahini, Renny Setya (2018) Pengembangan multimedia mobile learning pada mata pelajaran Simulasi dan Komukasi Digital kelas X SMK Negeri 13 Malang / Renny Setya Indahini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Indahini, Renny Setya. 2018. Pengembangan Multimedia Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Kelas X SMK Negeri 13 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sulton, M.Pd , (II) Arafah Husna, S.Pd, M.Med.Kom. Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia, Mobile Learning, Presentasi Video. Multimedia Mobile Learning merupakan suatu media pembelajaran yang menggunakan smartphone untuk menyajikan beberapa unsur media yaitu teks, gambar, dan video. Berdasarkan hasil observasi lapangan di kelas X SMK Negeri 13 Malang permasalahan yang dialami siswa dalam mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital pada materi Presentasi Video adalah (1) keterbatasan waktu (2) materi cukup sulit, (3) kurangnya sumber belajar, sehingga siswa merasa kesulitan memahami materi. Presentasi Video merupakan materi tentang pembuatan video yang memerlukan penjelasan tidak hanya teks dan gambar tetapi juga video untuk memvisualisasi dan menyimulasi materi dalam menjelaskannya. Sedangkan metode yang digunakan oleh guru kurang bervariasi dan media pembelajaran sebatas power point serta beberapa alat peraga. Tujuan penelitian pengembangan ini yakni untuk menghasilkan produk Multimedia Mobile Learning untuk mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital materi Presentasi Video yang valid dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas X SMKN Negeri 13 Malang yang dapat meningkatkan aspek kognitif siswa dan dapat digunakan siswa kapan saja dimana saja saat sebelum maupun sesudah pembelajaran dikelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan dari model Lee, W.W., & Owens, D.L. Langkah-langkah pengembangan meliputi (1) Tahap Analisis, (2) Tahap Desain, (3) Tahap Pengembangan, (3) Tahap Implementasi, dan (5) Tahap Evaluasi. Uji coba produk pada penelitian ini meliputi desain validitas, desain uji coba produk, dan desain uji tes hasil belajar. Uji coba produk dalam penelitian ini yaitu ke ahli media, ahli materi dan audiens atau siswa kelas X SMK. Uji coba audiens meliputi uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Pengumpulan data didapatkan dari angket, observasi dan wawancara. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil pengembangan media ini telah diuji cobakan dengan hasil, ahli media 95% dinyatakan valid, ahli materi 96,25% dinyatakan valid, saat uji coba lapangan diperoleh, uji coba perseorangan 82,5% dinyatakan valid, dari uji coba kelompok kecil 80,25% dinyatakan valid dan dari uji coba kelompok besar 80,4% dinyatakan valid. Sedangkan dari tes hasil belajar sebelum menggunakan media didapat skor persentase 47,22% dan setelah menggunakan media didapatkan skor persentase 83,33%. Hal ini menunjukkan bahwa Multimedia Mobile Learning ini valid dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Saran untuk penelitian lebih lanjut diharapkan mampu membuat aplikasi yang lebih menarik siswa agar lebih termotivasi dalam menguasai materi dan mampu membuat aplikasi dengan bentuk offline.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item View Item