Pengembangan multimedia interaktif seni tari Jawa Timur pada mata pelajaran seni budaya kelas VII di SMP Negeri 1 Karangan / Sary Nur Handayani

Handayani, Sary Nur (2018) Pengembangan multimedia interaktif seni tari Jawa Timur pada mata pelajaran seni budaya kelas VII di SMP Negeri 1 Karangan / Sary Nur Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Handayani, Sary Nur. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Seni Tari Jawa Timur pada Mata Pelajaran Seni Budaya kelas VII di SMP Negeri 1 Kaangan. Skripsi, Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sihkabuden, M.Pd., (II) Dr. Henry Praherdhiono, M.Pd., Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Seni Tari SMP. Multimedia interaktif adalah media pembelajaran yang terdiri dari gabungan beberapa macam media seperti teks, gambar, audio, animasi, dan video yang dioperasikan oleh pengguna (user) sehingga terjadi interaksi dua arah antara pengguna (user) dengan multimedia interaktif. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan multimedia interaktif yang valid dan efektif untuk materi Seni Tari jawa timur pada mata elajara Seni Budaya kelas VII di SMP Negeri 1 Karangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Lee dan Owens (2004), langkah-langkah pengembangan yaitu (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek penelitian dalam pengembangan multimedia interaktif ini adalah siswa kelas VII E di SMP Negeri 1 Karangan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif berupa instrumen angket siswa, validasi ahli media, validasi ahli materi, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil angket siswa, validasi ahli media, validasi ahli materi, dan tes hasil belajar siswa berupa prosentase. Hasil pengembangan multimedia interaktif memenuhi kriteria valid, dengan hasil validasi dari ahli media didapatkan skor prosentase sebesar 90%, ahli materi didapatkan skor presentase sebesar 97,5%, dari ujicoba perseorangan didapatkan skor presentase sebesar 93,75%, dari ujicoba kelompok kecil didapat skor prosentase 91,25%, dan dari uji coba kelompok besar didapat skor prosentase 90,3%. Pada tes hasil belajar 27 orang siswa mendapat nilai di atas KKM, dan 4 sisanya belum mencapai KKM, hal ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif efektif digunakan sebagai salah satu media pembelajaran secara mandiri pada mata pelajaran Seni Budaya materi seni tari. Persentase dari tes hasil belajar menggunakan multimedia interaktif adalah 87,09%. Dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif Seni Tari jawa timur pada mata pelajaran Seni Budaya kelas VII di SMP Negeri 1 Karangan layak dan efektif sebagai salah satu media pembelajaran secara mandiri. Sebelum mengoperasikan multimedia interaktif ini, sebaiknya user sudah mempelajari petunjuk penggunaan multimedia interaktif seni tari jawa timur. dan mampu mengoperasikan komputer. Sehingga dalam proses belajar menggunakan multimedia interaktif seni tari jawa timur ini dapat berjalan optimal atau sesuai yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item