Analisis butir soal ujian nasional IPA SD/MI tahun 2015 sampai dengan 2017 berdasarkan taksonomi bloom / Nadya Rahmalia Mujib

Mujib, Nadya Rahmalia (2018) Analisis butir soal ujian nasional IPA SD/MI tahun 2015 sampai dengan 2017 berdasarkan taksonomi bloom / Nadya Rahmalia Mujib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Mujib , Nadya Rahmalia. 2018. Analisis Butir Soal Ujian Nasional (UN) IPA SD/MI Tahun 2015 Sampai Dengan 2017 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anselmus J.E Toenlioe, M.Pd (II) Dr. Henry Praherdhiono, S.Si, M.Pd Kata kunci : Analisis, Ujian Nasional, Taksonomi Bloom. Evaluasi dilakukan untuk mengukur hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilakukan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa berkenaan dengan penguasaan bahan ajar sesuai dengan tujuan pendidikan dan pelajaran yang sudah didapat. Salah satu bentuk evaluasi berupa tes yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan melaksanakan ujian nasional. Ujian Nasional merupakan upaya pemerintah untuk mengetahui perkembangan pendidikan di Indonesia, khususnya perkembangan sistem pembelajaran bagi peserta didik selama mengikuti pendidikan, baik tingkat dasar maupun menengah umum kejuruan. Kegiatan ujian nasional diselenggarakan serentak secara nasional setiap tahunnya dan sudah terstandarisasi serta mempunyai tujuan untuk mengukur hasil belajar siswa pada akhir suatu program pendidikan. Penelitian ini, bertujuan untuk menggambarkan tingkat persentase soal UN berdasarkan Standart Kompetensi Kelulusan, serta mengetahui tingkat kognitif dalam soal-soal UN tahun 2014/2015 sampai dengan 2016/2017 berdasarkan Taksonomi Bloom. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah soal UN SD/MI mata pelajaran IPA tahun 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017. Hasil analisis yang telah dilakukan secara bertahap, berdasarkan proses kognitif yang digunakan dalam penyelesaiannya. Ditemukan Bahwa (1) jumlah dan persentase soal terbanyak pada soal UN IPA tahun 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017 terdapat pada Kompetensi ÔÇ£Perkembangbiakan dan Penyesuaian Makhluk HidupÔÇØ, sedangkan persentase terendah terdapat pada kompetensi ÔÇ£Daur hidup beberapa hewanÔÇØ dan ÔÇ£Daur airÔÇØ. Tingkat kognitif masing-masing soal digolongkan ke dalam empat tingkat kognitif berdasarkan taksonomi Bloom. Peta kognitif yang dihasilakan pada soal UN SD/MI mata pelajaran IPA berturut-turut adalah : C1 (50%, 50%, 35%), C2 (27,5%, 22,5%, 40%), C3 (5%, 12,5%, 5%), C4 (17,5%, 15%, 20%), C5 (0%), dan C7 (0%). Dari Hasil analisis tersebut, jenjang kognitif siswa yang diukur masih berada dalam level rendah atau Low Order Thingking Skills (LOTS).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item View Item