Arifin, Moch. Zainul (2018) Pengembangan kurikulum muatan lokal karawitan untuk sekolah menengah atas / Moch. Zainul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Arifin M . Z. 2017. Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Karawitan Untuk Sekolah Menengah Atas. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Saida Ulfa S.T. M.Edu Ph.D (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Karawitan Pelestarian Kebudayaan Asli Jawa Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas wilayahnya dengan jumlah penduduk yang cukup besar. Memiliki wilayah yang luas Negara yang sering disebut nusantara ini memiliki berbagai suku bangsa bahasa dan budaya didalamnya. Dari beberapa pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa Indonesia merupakan Negara yang kaya dengan kearifan lokal yang dimiliki disetiap daerahnya. Namun pada era modern kearifan lokal yang dimiliki oleh daerah semakin pudar atau bahkan menghilang ditindas oleh kebudayaan yang datang dari luar negeri. Kelestarian kebudayaan menjadi sebuah karakter bangsa dengan memiliki karakter bangsa dapat dikatakan sebagai bangsa yang besar. Salah satu kebudayaan lokal di Indonesia juga terdapat di Jawa yaitu Karawitan. Kebudayaan karawitan merupakan seni gamelan yang memiliki instrumen yang cukup rumit yang berlaras slendro dan pelog. Karawitan memiliki 3 unsur yaitu vokal instrumental dan gabungan dari keduanya. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk Kurikulum Muatan Lokal Karawitan yang diharapkan mampu melestarikan kebudayaan asli Jawa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan kurikulum Beauchamp s System Model. Subjek penelitian pengembangan ini adalah SMAN 3 Nganjuk. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif (instrumen ahli kurikulum ahli materi) dan kualitatif (observasi dan wawancara). Kurikulum muatan lokal Karawitan telah di validasi baik dari segi materi maupun struktur kurikulum validasi dilakukan oleh ahli materi yang memiliki pemahaman lebih tentang karwitan. Validasi lainnya yang dilakukan yaitu oleh ahli kurikulum dari dosen Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Hasil validasi kurikulum muatan lokal Karawitan dinyatakan valid. Hasil dari ahli materi mencapai 98.68% % sedangkan validasi yang dilakukan oleh ahli kurikulum mencapai 89.47%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/754 |
Actions (login required)
View Item |