Oktariska, Bariyah (2018) Studi kasus penerapan teori belajar behavioristik dalam menumbuhkembangkan perilaku peduli lingkungan hidup siswa di SMKN 6 Malang / Bariyah Oktariska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
i ABSTRAK Oktariska Bariyah. 2018. Studi Kasus Teori Belajar Behavioristik dalam Menumbuhkembangkan Perilaku Peduli Lingkungan Siswa di SMKN 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Anselmus J.E Toenlioe M.Pd. (II) Drs. Susilaningsih M.Pd. Kata Kunci teori belajar behavioristik program peduli lingkungan hidup Behavioristik dalam proses belajar merupakan upaya membentuk perilaku yang diinginkan. Penerapan teori belajar behavioristik dalam menumbuhkembangkan perilaku peduli lingkungan hidup dilakukan dengan pemberian stimulus yang akan menghasilkan sebuah respons. Dalam proses belajar untuk menumbuhkembangkan perilaku peduli lingkungan hidup SMKN 6 Malang menciptakan program bank sampah sekolah sebagai solusi dari lokasi sekolah yang berada di pinggiran kota tepat di samping pasar. Memiliki jumlah siswa yang sangat banyak sehingga berakibat pada banyaknya sampah di lingkungan sekolah dan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan program sekolah yang mengandung muatan dalam menumbuhkembangkan perilaku peduli lingkungan hidup siswa dengan cara membiasakan perilaku peduli pada program bank sampah dimana siswa yang sering atau selalu melakukan akan diberikan hadiah berupa sertifikat yang disiapkan sekolah untuk mewujudkan perubahan perilaku pada siswa stimulus dari personil sekolah respons siswa dan hasil dari stimulus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan tiga teknik dalam pengumpulan data yaitu (1) wawancara (2) observasi dan (3) dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga alur kegiatan yaitu reduksi data display data dan perumusan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data dalam penelitian digunakan dua kriteria dan teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu ketekunan pengamatan dan triangulasi meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Temuan penelitian adalah sebagai berikut (1) program sebagai usaha sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku peduli lingkungan hidup pada siswa dilakukan dengan mengadakan program eco-mapping program bank sampah dan program jumat bersih. Program-program tersebut dilaksanakan sekolah secara terus-menerus dan sistematis agar tujuan yang diharapkan berupa perubahan perilaku pada siswa dapat tercapai (2) stimulus yang diberikan oleh personil sekolah (pembina lingkungan staf TU umum dan guru) kepada siswa meliputi pemberian contoh nasihat dan peringatan serta pemberian hadiah kepada siswa. Pemberian reward (hadiah) bertujuan agar perilaku peduli lingkungan hidup tersebut terus berulang dan memotivasi perilaku tersebut agar sesuai yang diharapkan (3) siswa merespons positif terhadap stimulus yang diberikan oleh personil sekolah pada program yang mengandung muatan dalam menumbuhkembangkan perilaku peduli lingkungan hidup (4) hasilnya pada siswa meliputi perubahan pola pikir yang lebih mencintai lingkungan dan perubahan perilaku yaitu mengelola sampah secara bijak dengan menabungkan sampah di bank sampah sekolah sebagaimana tujuan belajar menurut pandangan ii behavioristik adalah membentuk tingkah laku yang diinginkan. SMKN 6 Malang menerapkan teori belajar behavioristik secara utuh pada program bank sampah sekolah. Namun mayoritas siswa yang telah diwawancarai tersirat bahwa tindakan menabungkan sampah di bank sampah sekolah didasari akan keinginan memperoleh hadiah berupa uang dari hasil tabungan sampah belum kepada kesadaran diri untuk melestarikan dan mengelola lingkungan hidup.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/751 |
Actions (login required)
View Item |