Pengembangan e-book berbasis mobile learning pada mata kuliah teknologi jaringan untuk mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Zeny Dwi Martha Hariyanti

Hariyanti, Zeny Dwi Martha (2018) Pengembangan e-book berbasis mobile learning pada mata kuliah teknologi jaringan untuk mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Zeny Dwi Martha Hariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hariyanti, Zeny. 2015. Pengembangan E-book berbasis Mobile learning pada Mata KuliahTeknologiJaringanuntukMahasiswaTeknologiPendidikanUniversitasNegeri Malang..Skripsi, JurusanTeknologiPendidikanUniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) EkaPramonoAdi, S.I.P.M.Si. (II) YerrySoepriyanto, ST.M.T. Kata kunci: E-book, Mobile learning, PembelajaranMandiri. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada matakuliah Teknologi Jaringan sampai saat ini menggunakan bahan ajar cetak (modul) dan Powerpoint sebagai sumber belajar bagi pebelajar (mahasiswa), serta dalam penyampaian pembelajaran klasikal di kelas dosen menggunakan metode ceramah dan praktikum. Namun, penggunaan bahan ajar cetak (modul) dan metode ceramah dapat dibilang belum optimal pemanfaatannya dan belum tentu sesuai dengan minat atau gaya belajar mahasiswa. Mahasiswa seringkali kesulitan untuk memvisualisasikan materi-materi pada matakuliah Teknologi Jaringan khususnya pada jenis materi yang bersifat konsep. Hal ini juga menjadi kendala bagi dosen ketika sedang menyampaikan materi, dimana terjadi perbedaan kecepatan penyerapan informasi yang diterima oleh mahasiswa ketika dosen menjelaskan materi-materi yang termuat didalam matakuliah ini. Mahasiswamembutuhkansuatubentuk media pembelajaran yang memilikibanyakvisualisasidan video yang dapatmembantupenjelasandariteori yang adapadamodul. Hal tersebutnantinyaakandigunakanuntukmendukung proses pembelajarandanmembantupenguasaanmaterimengenaiTeknologiJaringan.Penge mbanganinidilaksanakandengantujuanuntukmenghasilkanE-book yang berbasisMobile learning yang valid untukkegiatanpembelajaranpadamatakuliahTeknologiJaringan di JurusanTeknologiPendidikanUniversitasNegeri Malang. Pengembanganinimenggunakanmetodepengembangan Lee & OwensuntukmengembangkanE-book berbasisMobile learning. Adapunlangkahlangkahtersebutmeliputi; (1) Penilaian/analisis, (2) Desain (3) Pengembangan. Validasi produk dilakukan terhadap ahli media dan ahli materi. Subjek uji coba adalah mahasiswa semester 5 angkatan 2015 Teknologi Pendidikan. E-book berbasisMobile learning untukmatakuliahteknologijaringaninidinyatakan valid digunakanuntukpembelajaranmandiri. Hal iniditunjukkandenganhasilperhitungandata 1 orang ahli media 94,3%, 1 orang ahlimateri 90,2%, dan25 orang ujicobalapangan76,1%.E-book berbasis Mobile learning ini dikategorikan layak untuk digunakan paada kegiatan pembelajaran. Saran bagipengembangberikutnya, produk yang dihasilkanhendaknyasesuaidenganspesifikasiperangkat yang akandigunakan, agar padasaatpelaksanaanataupenggunaanproduktersebuttidakterjadimasalahataugangg uan.Konsistensitampilan agar tidakmembingungkanpenggunadan file master ebook tidakterlaluberatsehinggaoperasionalpenggunaankurang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/750

Actions (login required)

View Item View Item