Implementasi halaqoh dalam pengembangan pendidikan di pesantren Luhur Malang / Abdullah Faisol - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi halaqoh dalam pengembangan pendidikan di pesantren Luhur Malang / Abdullah Faisol

Faisol, Abdullah (2010) Implementasi halaqoh dalam pengembangan pendidikan di pesantren Luhur Malang / Abdullah Faisol. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang berfungsi untuk menyebarkan ilmu pegetahuan kepada para santri khususnya dan kepada masyarakat pada umumnya. Di era modern ini peran pesantren begitu besar dalam upaya pengembangan dan pelestarian ilmu pengetahuan di negara Indonesia. Beberapa pesantren di Indonesia hadir menawarkan pendidikan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bersifat khas. Diantaranya yaitu Halaqoh di Pesantren Luhur Malang. Program tersebut menjadi unggulan dan ciri khas Pesantren Luhur Malang. Pada umumnya halaqoh hanya mengkaji tentang ajaran Islam namun di pesanten Luhur Halaqoh juga mengkaji berbagai disiplin ilmu pengetahuan(umum). Dengan Halaqoh yang menjadi Metode sekaligus program Pesantren Luhur Malang mampu merealisir salah satu misi Depdiknas tahun 2005 yaitu mewujudkan pendidikan yang membangun insan Indonesia cerdas kompherensif dan kompetitif. Dari fenomena yang telah dikemukakan diatas maka secara umum permasalahan yang telah dirumuskan yaitu Bagaimana Pelaksanaan Halaqoh dalam Pengembangan Pendidikan di Pesantren Luhur Malang Bagaimana Manfaat dan kendala Halaqoh dalam Pendidikan di Pesantren Luhur Malang Bagaimana upaya pengasuh (kyai) Pengurus dan Santri dalam meningkatkan kualitas program Halaqoh di Pesantren Luhur Malang Metode Penelitian yang digunakan penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif Adapun Ciri-ciri pendekatan kualitatif adalah (1) mempunyai latar alami sebagai sumber data dan peneliti dipandang sebagai instrumen kunci (2) penelitiannya bersifat deskriptif (3) lebih memperhatikan proses daripada hasil atau produk (4) dalam menganalisis data cenderung secara induktif dan (5) makna merupakan hal yang esensial dalam penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui (1) dokumentasi (2) observasi (3) wawancara. Dari paparan data dan temuan data (hasil penelitian) yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa Pelaksanaannya setiap hari kecuali hari ahad tepatnya dipagi hari setelah jamaah shubuh istighosah dan halaqoh. Santri membentuk lingkaran dengan petugas pertama dari santri putra mengkaji dari pembahasan setelah itu petugas kedua dari santri putri kemudian pengasuh sabagai fasilitor dan komentator sekaligus memberikan penilaian apa yang dibicarakan petugas. Manfaat halaqoh diantaranya santri dapat mengetahui berbagai ilmu pengetahuan sekaligus membentuk santri terampil dan mandiri. Kendalanya ada sebagian santri yang kurang berpartisipasi dalam kegiatan halaqoh. Dalam pengembangannya pengasuh mengupayakan memberikan judul terbaru setiap harinya. Para pengurus memberikan sangsi jika ada santri yang tidak mengikuti halaqoh dan santri bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas dikarenakan adanya kompetisi dalam diri untuk menjadi yang terbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item