Pengembangan Multimedia Interaktif Penjumlahan dan Pengurangan Matematika Pecahan Berbeda Penyebut Kelas 5 Sekolah Dasar / M. Bagus Ainun Najib - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Multimedia Interaktif Penjumlahan dan Pengurangan Matematika Pecahan Berbeda Penyebut Kelas 5 Sekolah Dasar / M. Bagus Ainun Najib

Najib, M. Bagus Ainun (2018) Pengembangan Multimedia Interaktif Penjumlahan dan Pengurangan Matematika Pecahan Berbeda Penyebut Kelas 5 Sekolah Dasar / M. Bagus Ainun Najib. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Najib M Bagus Ainun. 2018. Pengembangan Multimedia Interaktif Penjumlahan dan Pengurangan Matematika Pecahan Berbeda Penyebut Kelas 5 Sekolah Dasar. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Ed. (II) Yerry Soepriyanto S.T. M.T. Kata Kunci media pembelajaran multimedia multimedia interaktif Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini telah dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di dalam kelas. Media pembelajaran berbasis teknologi tersebut dapat berupa media yang menarik bagi siswa yang di dalamnya terdapat perpaduan antara teks suara gambar video dan animasi. Melalui media terebut siswa dapat terdorong untuk terus memahami materi materi yang sulit mereka pahami. Hal tersebut dapat dilakukan melalui multimedia interaktif. Dengan multimedia interaktif siswa dapat mempelajari materi pelajaran yang belum mereka pahami secara berulang ulang baik di sekolah atau di rumah. Penggunaan multimedia untuk pembelajaran memiliki kelebihan yaitu menyediakan perbedaan belajar individu dengan strategi kognitif yang berbeda meningkatkan minat siswa terhadap materi pelajaran serta dapat dipelajari sendiri oleh siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif penjumlahan dan pengurangan pecahan berbeda penyebut yang layak dan valid untuk pembelajaran matematika dan dapat dipelajari sendiri oleh siswa secara berulang ulang di SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan Lee dan Owens (2004). Dengan subjek uji coba adalah siswa kelas 5 di SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran saran dan perbaikan dari angket validasi ahli media dan ahli materi serta angket yang diisi oleh siswa. Data kualitatif diperoleh dari hasil perhitungan angket dan tes hasil belajar (Post-test). Hasil pengembangan multimedia interaktif penjumlahan dan pengurangan matematika pecahan berbeda penyebut termasuk dalam kategori valid dengan perolehan persentase sebesar 99% dari ahli media dari ahli materi sebesar 85% dan hasil uji coba siswa sebesar 80 86%. Pada tes hasil belajar post-test yang dilakukan pada siswa kelas 5B di SDN Tanjungrejo 2 Kota Malang berjumlah 42 siswa terdapat 40 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM dengan persentase 95 24% dan 2 siswa memperoleh nilai di atas KKM dengan persentase 4 76%. Dengan nilai rata rata siswa saat post-test yaitu 93 1. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif penjumlahan dan pengurangan matematika pecahan berbeda penyebut efektif untuk dimanfaatkan untuk media pembelaajaran di dalam kelas secara individual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/749

Actions (login required)

View Item View Item